Ticker

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Hadapi Dampak Cuaca Buruk



Menyikapi Peringatan BMKG, Polres Lombok Barat Tingkatkan Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Hadapi Dampak Cuaca Buruk.

Lombok Barat - Menyikapi dampak cuaca buruk yang terjadi hampir di Seluruh Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, tidak mengendurkan upaya Jajaran Polres Lombok Barat dalam penanganannya.

Ini dikatakan Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa walaupun ditengah pandemic saat ini, Jajaran Polres Lombok Barat tidak mengabaikan terkait keselamatan dan keamanan Masyarakat, Sabtu (30/1).

“Beberapa peristiwa seperti pohon tumbang di Senggigi dan lembar, serta banjir di Sekotong sudah diperkirakan sebelumnya, berdasarkan peringatan dari BMKG,” ungkapnya.

Kapolres menjelasakan bahwa jajaran Polres Lombok Barat tetap memantau perkembangan cuaca, sehingga dengan adanya peringatan BMKG, dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan dan penaganan yang tepat.

“Dari hasil pemantauan peringatan dari BMKG, diperkirakan Kondisi cuaca wilayah NTB untuk 3 hari kedepan, masih berpotensi terjadi peningkatan kecepatan angin di wilayah NTB, serta berpotensi terjadi Hujan dengan intensitas Sedang – Lebat dan angin kencang,” jelasanya.
Dimana kondisi ini dialami beberapa Wilayah NTB diantaranya Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Kota Bima dan Bima.

“Lombok Barat juga diperkirakan terdampak, untuk itu saya tekankan kejajaran Polres Lombok Barat, untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan,” ucapnya.

Ditekankan pula bahwa koordinasi dilakukan dengan pihak terkait, dalam Langkah-langkah penanganan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Dimana informasi dari BMKG, kondisi perkembangan cuaca saat ini berdampak seperti terjadinya genangan air, tanah longsor, angin kencang yang terjadi secara tiba-tiba,” katanya.

Selain itu pohon tumbang juga bisa saja terjadi setiap saat, dan disertai dengan jalanan yang licin yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas.

“Walaupun upaya-upaya pencegahan dalam penaganan bencana di Lombok Barat telah dilakukan , seperti kegiatan-kegiatan pemangkasan pohon, namun diharapkan peringatan ini untuk tidak diabaikan oleh Masyarakat untuk tetap wasapda, dan berhati-hati” tandasnya.
Sedangkan untuk jajarannya, Kapolres menekankan untuk menyiapkan dan memastikan peralatan-peralatan SAR yang dimiliki siap digunakan bila setiap saat diperlukan. (*)

Post a comment

0 Comments