BMKG: Waspada gelombang tinggi untuk laut Jawa -->

Breaking news

Live
Loading...

BMKG: Waspada gelombang tinggi untuk laut Jawa

Wednesday 24 February 2021

Doc. Istimewa

Waspada untuk wilayah Laut Jawa terutama Laut Jawa bagian barat, tengah dan timur dengan ketinggian gelombang antara 2,5-4 meter.


Jakarta - Beberapa wilayah perairan termasuk Laut Jawa berpotensi gelombang tinggi pada 25-26 Februari akibat dampak pusat tekanan rendah atau dikenal dengan bibit siklon tropis di Samudra Hindia selatan Jawa Timur.

"Waspada untuk wilayah Laut Jawa terutama Laut Jawa bagian barat, tengah dan timur dengan ketinggian gelombang antara 2,5-4 meter," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo, dilansir Antara dalam jumpa pers daring di Jakarta, Rabu.

Selain Laut Jawa, gelombang laut dengan ketinggian yang sama juga berpeluang terjadi di Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan dan Selat Lombok bagian selatan.

Sementara gelombang dengan ketinggian lebih dari empat meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Banten.

Bibit siklon tropis memberikan dampak terutama ke wilayah perairan sebab semua angin berpusat disekitarnya sehingga berpotensi terjadi gelombang tinggi.

"Jika nanti berkembang menjadi siklon tropis gelombangnya bisa lebih tinggi lagi," kata Eko Prasetyo.

BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclon Warning Center (Jakarta TCWC) yang mendeteksi adanya potensi bibit siklon tropis di wilayah perairan selatan Nusa Tenggara, terpantau pada pukul 13.00 WIB berkembang menjadi bibit siklon tropis 98S.

Bibit siklon tropis tersebut terpantau di Samudra Hindia mencapai sebelah selatan Jawa Timur dengan posisi di sekitar 13.7 LS-116.3 BT atau sekitar 625 km dari lepas pantai Jawa Timur. (*)