Banjir di Hu'u, Empat rumah warga hanyut -->

Breaking news

Live
Loading...

Banjir di Hu'u, Empat rumah warga hanyut

Wednesday 10 March 2021




Lokasi terdampak berada di dua desa yaitu Desa Daha dan Desa Marada yang berada pada Kecamatan Hu’u. 

Dompu, Nusa Tenggara Barat - Banjir menghanyutkan empat rumah warga di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kejadian yang dipicu oleh huhan intensitas lebat berlangsung pada Selasa lalu (9/3), pukul 19.00 waktu setempat. 

Lokasi terdampak berada di dua desa yaitu Desa Daha dan Desa Marada yang berada pada Kecamatan Hu’u. Selain 4 unit rumah hanyut, banjir berdampak pada 1 unit tanggul jebol dan 470 rumah terendam.

Analisis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB mencatat selain intensitas hujan, faktor yang juga menjadi pemicu yaitu lahan tandus akibat penebangan liar. Kondisi ini mengurangi daya serap air tanah. Selain itu, pantauan BPBD menyebutkan bahwa adanya banyak penumpukan sampah dan sedimen di area aliran sungai sehingga pendangkalan dan penyumbatan terjadi. 

Merespons kejadian ini, BPBD Kabupaten Dompu telah melakukan upaya penanganan darurat, seperti distribusi bantuan logistik dan pendataan. BPBD menyiagakan personel untuk mengantisipasi potensi kejadian lain.  

Dompu termasuk kabupaten dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 8 kecamatan di kabupaten ini berpotensi bahaya tersebut dengan luas sekitar 12.089 hektar. Berdasarkan analisis InaRISK, wilayah Hu’u termasuk kecamatan berpotensi banjir, khususnya di sekitar pesisir pantai. (in/*)