Menkes optimis setelah jumlah vaksin Covid-19 terpenuhi rampung bulan November -->

Breaking news

Live
Loading...

Menkes optimis setelah jumlah vaksin Covid-19 terpenuhi rampung bulan November

Monday 5 July 2021

Dok. istimewa


Kita membutuhkan waktu satu bulan karena rolling terus jumlah penyuntikannya, jadi perkiraan kasar kita akan berhasil menyuntik 70 persen dari populasi di bulan November, satu bulan sesudahnya,


Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin angkat bicara soal perkiraan herd immunity tercapai di Indonesia. Menurutnya, terbentuknya herd immunity tergantung dari ketersediaan jumlah vaksin COVID-19 di Indonesia.


"Untuk herd immunity tergantung pada jumlah vaksinnya, kalau jumlah vaksinnya kita bisa mencapai 70 persen (dari populasi)," beber Menkes dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI Senin (5/7/2021).


"Ada sekitar 267 juta dosis vaksin. Itu baru akan bisa dicapai di bulan Oktober, jadi kita di bulan Oktober baru mencapai jumlah vaksin yang available di kita sejumlah 70 persen dari 181,5 juta orang," sambungnya.


Meski begitu, butuh satu bulan setelah jumlah dosis vaksin COVID-19 terpenuhi, untuk bisa menyuntikkan dosis tersebut. Menkes optimistis perkiraan akan rampung di bulan November mendatang.


"Kita membutuhkan waktu satu bulan karena rolling terus jumlah penyuntikannya, jadi perkiraan kasar kita akan berhasil menyuntik 70 persen dari populasi di bulan November, satu bulan sesudahnya," sambungnya.


"267 juta itu baru bisa dicapai di bulan Oktober, mencapai jumlah vaksin yang available di kita sejumlah 70 persen dari 180 juta populasi," pungkasnya. (res/dn)