Ganjar Terima Tekanan dari PDIP Partainya -->

Breaking news

Live
Loading...

Ganjar Terima Tekanan dari PDIP Partainya

Wednesday 22 September 2021

Dok. istimewa


Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali menebar tekanan untuk kadernya yang juga menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Setelah pada pertengahan 2021, PDIP mempersilakan Ganjar keluar dari partai. Kini PDIP menyiapkan sanksi untuk kadernya yang didukung maju di Pilpres 2024. Bahkan tekanan kepada Ganjar juga terlontar langsung dari mulut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia pernah menegur Ganjar lantaran masih ada daerah di Jawa Tengah yang terendam banjir.


Teranyar, PDIP menyatakan akan memberikan sanksi kepada kadernya yang lebih dulu menyebutkan nama Capres dan Cawapres. Bahkan kader yang menyebut Capres atau Cawapres melalui relawan juga akan diberi sanksi. Tekanan – tekanan tersebut diyakini berkaitan dengan satu hal. Tak lain adalah potensi Ganjar Capres 2024. Yang mana berdasarkan hasil survei berbagai lembaga, tak pernah absen dari posisi tiga besar.


Sikap PDIP mempersilakan Ganjar keluar dari partai disampaikan pada (25/05/2021). Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto yang menyampaikan. Ketika itu Bambang menyatakan PDIP mempersilakan Ganjar mengikuti jejak Rustriningsih. Rustriningsih merupakan mantan kader PDIP dan Bupati Kebumen. Pada 2013, Rustriningsih ingin maju menjadi Gubernur Jawa Tengah. Namun PDIP tak memberi restu. Dia kemudian mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Pilpres 2014, berkebalikan dengan PDIP.


“Beginilah, bahwa Bu Rustri kader PDIP, itu srikandinya Ibu Megawati Soekarnoputri, Ibu statement di Jawa Tengah ‘Ini Srikandiku’, tapi ketika kemudian Bu Rustri pindah dengan partai lain, Ibu marah enggak? Saya enggak tahu persoalan Ibu, tapi ada enggak Ibu statement marah? Enggak ada. Boleh enggak? Ya monggo kalau orangnya (Ganjar) mau, orangnya (Ganjar) mau monggo. Sudah banyak contoh kok, banyak contoh itu di Jawa Tengah itu semua orang tahu, Ibu Rustriningsih,” sebut Bambang.


Ganjar mengaku ditegur oleh Megawati karena sejumlah daerah di Jawa Tengah dilanda banjir. Teguran itu diungkap langsung oleh Ganjar dalam webinar Jakarta Tenggelam bersama Ikatan Alumni ITB, 10 Agustus 2021.


“Sebenarnya bukan saya pribadi, tidak hanya dari Joe Biden, tapi dari Bu Mega juga kemarin ‘Hei Ganjar bagaimana itu robnya?’. ‘Hai, Bu, siap’,” ungkap Ganjar. 


Dia mengakui beberapa wilayah di Jawa Tengah sudah tenggelam. Kondisi ini, katanya, terjadi karena penurunan permukaan tanah atau land subsidence.


Seperti yang terjadi di Desa Bedono di Kecamatan Sayung, Demak. Ganjar menjelaskan. Penurunan permukaan tanah menimbulkan kerusakan bagi rumah – rumah penduduk di Desa Bedono, yang notabene merupakan kawasan pesisir. 


Bahkan politikus PDIP itu mengungkap, di Brebes ada satu wilayah yang tenggelam dan kini menjadi hutan bakau. “Kemudian ada (di) Pekalongan yang sekarang cukup terancam. Tapi, sebenarnya di Brebes sudah sudah terjadi satu area yang sudah tenggelam dan sekarang jadi hutan bakau,” terang Ganjar. (rs/*)