Kakorlantas Resmikan Lapangan ISDC Sonny Harsono di Serpong Tangerang -->

Breaking news

Live
Loading...

Kakorlantas Resmikan Lapangan ISDC Sonny Harsono di Serpong Tangerang

Saturday 23 October 2021

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.


Tangerang  -  Kakorlantas Polri Irjen Pol Isitiono meresmikan Lapangan Indonesia Safety Driving Center (ISDC) yang diberi nama Sonny Harsono, di Pusat Pendidikan Lalu Lintas (Pusdik Lantas) Serpong, Tangerang, Banten.


Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono yang mana disaksikan oleh istri dan keluarga Almarhum Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono. 


IrjenPol Istiono menerangkan pemberian nama Lapangan Sonny Harsono adalah untuk penghormatan Almarhum Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono sebagai apresiasi yang sudah memberikan sumbangsih kepada Polri khususnya di bidang lalu lintas.


“Di kesempatan yang berbahagia ini kita akan memberikan nama ISDC dengan nama Sonny Harsono sebagai penghormatan kepada Beliau,” terang IrjenPol Istiono (22/10/2021).


Jenderal bintang dua tersebut melanjutkan, semasa hidupnya Sonny Harsono yang menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas di era 90-an, telah menciptakan berbagai inovasi di bidang lalu lintas diantaranya menerapkan sistem komputerisasi penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di 11 Kota Provinsi Oktober 1992. 


Saat itu, sistem tersebut diterapkan untuk meminimalisir penyimpangan dalam pelayanan penertiban SIM.


“Sebagai Dirlantas di era 90-an Brigjen. Pol. Sonny Harsono telah menerapkan sistem komputerisasi penerapan SIM, sehingga dapat meminimalisir penyimpangan dalam pelayanan penerbitan SIM,” sambung IrjenPol Istiono. 


Lebih jauh IrjenPol Istiono menuturkan sosok Sonny Harsono. Menurut IrjenPol Istiono, Sonny Harsono mempunyai pribadi yang baik dan mengutamakan pendidikan. 


Hal itu terbukti, lapangan ISDC dibangun tak lepas peran dari Sonny Harsono.


“Pada masa Beliau menjabat, mulai dikirim para Perwira Polisi Lalu Lintas untuk belajar ilmu lalu lintas ke negeri Belanda. Dan, sekarang para perwira tersebut memberikan inspirasi bagi pengembangan institusi polisi lalu lintas,” papar IrjenPol Istiono.


IrjenPol stiono kembali menambahkan, ISDC adalah wadah dalam meningkatkan kualitas instruktur pengemudi yang dilakukan oleh Polri, dalam hal bidang lalu lintas. 


ISDC juga memberikan pemahaman serta pelatihan dalam berkendara untuk mewujudkan kamseltibcarlantas yang aman serta kondusif.


“Road Safety merupakan amanat PBB untuk meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," ucap IrjenPol Istiono.


"Dan membangun budaya berlalu lintas serta mencanangkan program dekade aksi keselamanatan (Devade of Action),” tutup IrjenPol Istiono. (dw/*)