Traveling sejenak nikmati pemandangan air terjun yang alami di Gunung Halimun -->

Breaking news

Live
Loading...

Traveling sejenak nikmati pemandangan air terjun yang alami di Gunung Halimun

Monday 4 October 2021

Dok istimewa (air terjun bertingkat dengan air berwarna biru).


Jalan setapak menuju air terjun Lembah Tepus sudah rapi dan memiliki pagar pengaman. Konturnya cukup landai dengan permukaan berbatu. 


Sukabumi - Air terjun Lembah Tepus di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Sukabumi, Jawa Barat menyuguhkan air terjun bertingkat dengan air berwarna biru jernih. Berpagar panorama alam yang asri, Lembah Tepus sangat pas menjadi jujugan wisata di akhir pekan.


Lembah Tepus bisa dibilang destinasi wisata baru. Tempat ini baru sebagai objek wisata mulai awal April 2019.


Suguhan utamanya adalah air terjun bertingkat. Airnya sangat jernih. Air terjun di Lembah Tepus ini amat populer di media sosial. Salah satu pengunjung Adelia mengetahui tempat ini karena Ia melihat dari salah satu akun Instagram.


"Awalnya, saya lihat di explore Instagram, terus kepo, kan pengen tahu. Lewat Instagram, saya lihat-lihat pemandangan air terjun ini bagus banget, juga airnya jernih banget. Makanya, langsung deh cari tahu nanya-nanya teman dulu, kebetulan teman pernah ke sini jadi minta anterin deh ke sini mau lihat pemandangan aslinya bagaimana," kata Adelia beberapa waktu lalu.


Selain berfoto dengan latar pemandangan yang menawan, traveler bisa berendam di kolam yang sangat jernih dan segar.


Memasuki kawasan wisata, pengunjung akan mendapati area parkir yang luas. Ada berbagai warung dan kios yang berdiri di sini. Sebelum masuk, pengunjung bisa membeli perbekalan yang diperlukan.


Setelah melewati loket, wisatawan harus berjalan kaki menuju lokasi curug Lembah Tepus. Waktu tempuh sekitar 10 menit. Namun, tenang saja karena jalan setapak yang dilalui tidak se-ekstrem jalan masuk area wisata ini. Jalan ini juga berhiaskan bunga-bunga layaknya taman di tengah hutan.


Jalan setapak menuju air terjun Lembah Tepus sudah rapi dan memiliki pagar pengaman. Konturnya cukup landai dengan permukaan berbatu. Anak-anak maupun lansia bisa melakukan trekking dengan nyaman di sini. Sepanjang perjalanan, bunga-bunga cantik dan hutan yang asri di kanan-kiri akan memanjakan mata.


Objek wisata air terjun Lembah Tepus ini boleh dibilang memiliki fasilitas komplet. So, traveler tidak perlu khawatir selama di tempat wisata akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan karena pengelola telah menyediakan seperti, tempat parkir kendaraan yang luas, warung makan sehingga jika anda malas untuk membawa bekal dari rumah anda bisa membelinya di sana dengan harga yang bervariasi.


Selain itu, pengelola menyediakan fasilitas kamar mandi untuk membilas sesudah berendam di air, mushola untuk beribadah dan juga tersedia saung-saung untuk beristirahat sesudah lelah menyusuri aliran sungai.


Untuk menikmati sajian spot wisata di air terjun Lembah Tepus anda cukup mengeluarkan biaya tiket masuk dengan harga Rp.10.000/orang. Waktu yang paling pas untuk datang adalah pada siang hari karena terik matahari dan panasnya akan menambah nikmatnya saat berendam dan juga berfoto dan wisata ini buka dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. (rs/ana)