Bukti baru kasus dugaan penipuan CPNS yang libatkan Olivia Nathania -->

Breaking news

News
Loading...

Bukti baru kasus dugaan penipuan CPNS yang libatkan Olivia Nathania

Wednesday, 10 November 2021

Olivia Nathania, anak Nia Daniaty, didampingi pengacaranya saat ditemui di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (11/10/2021)


Pengacara: Jadi intinya, sebelum Olivia diperiksa, kami tekankan dulu nih saksi-saksi kan semua sudah menguatkan bahwa betul ada pelakunya, dok. istimewa (10/11).


Jakarta - Pelapor kasus dugaan penipuan CPNS yang melibatkan anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathania, akan menyerahkan bukti baru ke penyidik hari ini. Odie Hodianto, pengacara para pelapor, menyebut bukti yang akan mereka serahkan berupa tayangan video pelantikan PNS fiktif yang mencatut Gubernur Anies Baswedan. 


"Kemarin (video itu) kami belum serahkan. Juga ada dokumen-dokumen berupa surat,” ujar Odie saat dikonfirmasi wartawan pada Rabu, 10 November 2021. 


Menurut Odie, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi, baik dari pihak terlapor maupun pelapor. “Jadi intinya, sebelum Olivia diperiksa, kami tekankan dulu nih saksi-saksi kan semua sudah menguatkan bahwa betul ada pelakunya,” tutur Odie. 


Sebelumnya, Olivia Nathania dan suaminya Rafly dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 23 September lalu atas dugaan penipuan perekrutan CPNS. Laporan korban terdaftar dengan nomor LP/B/4728/IX/SPKT/POLDA METRO JAYA. Korban penipuan dengan modus perekrutan PNS itu diperkirakan mencapai 225 orang dengan total kerugian Rp 9,7 miliar.


Odie menduga Olivia sengaja memasukkan gambar dan suara Anies Baswedan dalam pelantikan bodong untuk meyakinkan korban. "Jadi seolah-olah sedang melantik," kata dia. Odie juga menyebut terlapor telah mencatut nama Anies. Hal ini terungkap dalam berita acara pemeriksaan (BAP).


Seorang terduga korban penipuan perekrutan PNS itu, Fulan, mengaku ikut pelantikan PNS bodong yang digelar melalui aplikasi Zoom dengan memperdengarkan sambutan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Habis nyanyian Indonesia Raya, habis itu ada sambutan dari Pak Anies, habis itu udah selesai. Nggak ada rangkaian lanjutan lagi," ujar Fulan di Polda Metro Jaya, Jumat, 1 Oktober 2021.


Fulan mengatakan dia mendapatkan link Zoom dari Olivia Nathania. Acara pelantikan bodong itu berlangsung pada 8 April 2021 dan disebut diikuti oleh 100 orang peserta. Fulan mengaku membayar Rp160 juta untuk menjadi PNS melalui jasa Olivia. Uang itu untuk memasukkan dirinya, kakak ipar, dan istri. "Kita ada yang gadaikan emas," ujarnya. (rs/*)