Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, berakhir ricuh -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, berakhir ricuh

Friday, 26 November 2021

Kericuhan berawal saat pasangan calon kepala desa nomor urut 2 keberatan dengan hasil penghitungan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 dan 02, dok. istimewa (26/11).


Medan - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2021 di Desa Bertungen Julu, Kecamatan Tiga Lingga, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut) berakhir ricuh. Puluhan orang merusak kotak suara hingga surat suara berhamburan.


Kericuhan berawal saat pasangan calon kepala desa nomor urut 2 keberatan dengan hasil penghitungan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 dan 02. Padahal saat itu penghitungan suara sudah sah dan ditandatangani oleh petugas.


"Penghitungan suara sudah sah ditandatangani, rupanya saat dibawa ke kantor camat, direbut sama warga," kata Kasubbag Humas Polres Dairi, Iptu Donni Saleh, Jumat (26/11).


Sejumlah anggota Polri yang berupaya mengamankan kotak suara juga mengalami luka-luka lantaran menjadi sasaran pemukulan warga.


Kericuhan itu kemudian berhasil diredam. Polisi mengamankan sejumlah orang yang diduga terlibat kericuhan itu.


"Tapi sudah selesai ditangkap Polres Dairi. Jadi sekarang sudah ada sembilan tersangka perusakan kotak suara yang ditangkap," jelasnya.


Diketahui, sebanyak 106 desa di Kabupaten Dairi melaksanakan Pilkades 2021 yang digelar secara serentak, Kamis (25/11). Sedangkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 120.309 orang dan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) seluruhnya tercatat 262.


Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan personel TNI, Polri, Pemda hingga saat ini masih siaga sampai proses penetapan calon kepala desa terpilih untuk mengantisipasi terjadi gangguan Kamtibmas.


"Siapapun yang terpilih tetap jaga persaudaraan. Jangan karena berbeda pilihan malah menimbulkan perpecahan karena hal itu hanya membuat rugi kita semua. Saya harap kepada kepala desa terpilih nantinya harus mampu merangkul seluruh warganya," kata Irjen Pol Panca. (rs/*)