Ungkap kasus korupsi mantan pegawai Ditjen Pajak, heboh Siwi Widi,.. -->

Breaking news

News
Loading...

Ungkap kasus korupsi mantan pegawai Ditjen Pajak, heboh Siwi Widi,..

Thursday, 27 January 2022

dok. istimewa/ ada uang korupsi yang mengalir ke Siwi Widi Purwanti. Jaksa mengungkapkan Siwi Widi menerima uang Rp 647 juta dari anak Wawan, (27/1).


Jakarta - Keterangan baru mengenai kasus korupsi mantan pegawai di Ditjen Pajak, Wawan Ridwan, tersingkap. Duit korupsi disebut mengalir ke mantan pramugari Garuda Siwi Widi Purwanti.


Hal itu disampaikan jaksa KPK M Asri Irwan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Rabu (26/1/2022). Jaksa menyebut Wawan mengalirkan uang korupsinya ke sejumlah orang.


"Terdakwa I Wawan Ridwan bersama Muhammad Farsha Kautsar selaku anak kandung terdakwa menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain atas Harta Kekayaan," ucap Asri.


Jaksa mengatakan Wawan menyembunyikan harta yang berasal dari penerimaan suap dan gratifikasi saat dia menjabat Kabid Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian Kanwil Ditjen Pajak Sulselbartra. Jaksa menyebut Wawan dan anaknya membelanjakan uang korupsi itu untuk membeli tanah, mobil, hingga jam tangan mewah.


Selain itu, ada uang korupsi yang mengalir ke Siwi Widi Purwanti. Jaksa mengungkapkan Siwi Widi menerima uang Rp 647 juta dari anak Wawan.


"Mentransfer sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi Purwanti selaku teman dekat Muhammad Farsha Kautsar sejumlah Rp 647.850.000," ungkap jaksa KPK.


Tidak hanya Siwi, Wawan dan anaknya juga mentransfer uang ke sejumlah orang. Rata-rata yang ditransfer adalah teman anak Wawan, yakni Farsha.


"Transfer kepada kepada Adinda Rana Fauziah sejumlah Rp 39.186.927, dan kepada Bimo Edwinanto sejumlah Rp296 juta selaku teman kuliah Muhammad Farsha Kautsar, beberapa kali transfer kepada Dian Nurcahyo Dwi Purnomo dan keluarganya untuk kepentingan rencana usaha Wawan Ridwan dan M Farsha Kautsar sejumlah Rp 509.180.000," papar jaksa dalam dakwaannya.


Siwi Widi Bakal Bersaksi


Usai persidangan, jaksa KPK M Asri Irwan membenarkan Siwi Widi adalah mantan pramugari Garuda Indonesia.


"Mantan (pramugari Garuda Indonesia)," kata jaksa Asri usai sidang.


Lalu apakah Siwi akan dipanggil dalam sidang? Jaksa mengatakan Siwi dan sejumlah saksi lain akan dipanggil dalam sidang.


"(Siwi Widi) panggil, saksi yang dipanggil banyak, ada sekitar berapa puluh," ucap jaksa Asri.


Heboh Siwi Widi


Diketahui, nama Siwi Widi Purwanti sempat heboh lantaran dituding menjadi gundik atau simpanan salah satu petinggi Garuda. Tudingan itu pertama kali dicuitkan oleh akun @digeeembok.


Wanita yang disebut sebagai 'Siwi Sidi' itu merasa dicemarkan nama baiknya karena dituding sebagai simpanan. Siwi pun sudah membantah tudingan itu.


"Jadi semua pemberitaan dari akun @digeeembok itu tidak benar dan saya merasa benar-benar harga diri saya dicoreng dan privasi saya untuk berada di pekerjaan saya seorang pramugari merasa saya tidak nyaman dan keberadaan pemberitaan itu pastinya sangat merugikan diri saya, keluarga saya, dan lingkungan saya," ungkap Siwi saat itu. (dw/*)