Dengan jumlah yang luar biasa,.. Empat rekening Indra Kenz disebut puluhan miliar -->

Breaking news

Live
Loading...

Dengan jumlah yang luar biasa,.. Empat rekening Indra Kenz disebut puluhan miliar

Thursday 3 March 2022

dok. istimewa/ Orang terdekat Indra Kenz yang turut menikmati uang terkait aplikasi Binomo bakal ikut diproses hukum.


Jakarta - Bareskrim Polri memblokir empat rekening tersangka afiliator Binomo Indra Kesuma atau Indra Kenz. Rekening itu berisi duit miliaran rupiah. "Sudah kami blokir, ada empat rekening yang kami blokir. Uangnya ada di situ puluhan miliar," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan kepada wartawan, Selasa (3/1/2022).


Whisnu mengatakan pihaknya bakal mendalami aliran dana Indra Kenz. Dia menyebut orang terdekat Indra Kenz yang turut menikmati uang terkait aplikasi Binomo bakal ikut diproses hukum.


"Puluhan miliar lah, kita nggak bisa hitung. Nanti kalau sudah kami buka dan kita akan kembangkan juga kepada orang-orang terdekat. Siapa yang mencicipi atau menerima uang hasil tindak pidana pencucian uang pasti akan kena, orang terdekatnya," ujarnya.


Dia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Dia mengatakan pihaknya sangat berhati-hati dalam menyita ataupun memblokir aset Indra Kenz.


"Nanti kita bersama dengan teman-teman PPATK untuk mengungkap transaksinya tapi kita kan harus hati-hati ini, barang bukti itu keterkaitan tidak, seperti mobil, mobil beli di mana, uangnya di mana, rumah, rumah itu harus izin dulu penetapan. Sudah diberi ada penetapan dari pengadilan negeri baru kita sita kan gitu. Jangan sampai kita salah dalam masalah administrasi penyidikan," terangnya.


Dia mengatakan pihaknya telah mengajukan surat penyitaan aset Indra Kenz ke pengadilan. Saat ini polisi tengah menunggu keputusan.


"Sudah, sudah kami ajukan. Tunggu putusan saja," ujarnya.


Sebelumnya, Bareskrim Polri melacak aset milik tersangka kasus dugaan investasi bodong Indra Kenz. Semua rekening milik Indra Kenz diblokir.


"Rekening kita blokir semua," ujar Dirtipideksus Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan saat dihubungi, Selasa (1/3).


Whisnu menjelaskan, penyidik sedang mengecek segala transaksi yang digunakan Indra Kenz dari uang hasil kejahatannya. Setelah memblokir rekening Indra, polisi bakal membidik rumah hingga kendaraannya. "Baru setelah itu ke kendaraan, ke rumah, kita cek dulu transaksinya," tuturnya. (dw/*)