Menunggu pelantikan kepala IKN, besok? -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Menunggu pelantikan kepala IKN, besok?

Wednesday, 9 March 2022

Presiden Jokowi, dok. istimewa/ Informasi mengenai pelantikan Kepala Otorita IKN Nusantara ini sempat disampaikan Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong, (9/3).


Jakarta - Nama mantan Wamenhub Bambang Susantono santer dikabarkan jadi calon kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Presiden Jokowi dikabarkan sudah mengantongi nama Kepala Otorita IKN Nusantara. Kepala Otorita IKN Nusantara itu disebut bakal dilantik Kamis (10/3/2022).


Informasi mengenai pelantikan Kepala Otorita IKN Nusantara ini sempat disampaikan Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong. Wandy memberi sinyal pelantikan Kepala Otorita IKN bakal digelar pekan ini. "Lagi menunggu juga. Mudah-mudahan minggu ini. Tapi saya belum bisa memastikan," kata Wandy, Minggu (6/3).


Saat ditanya soal sosok Kepala Otorita IKN, Wandy menyebut Presiden Jokowi sepertinya sudah mengantongi namanya. Namun Wandy belum bisa memberikan keterangan lebih jauh mengenai hal itu. "Sepertinya sudah," ujar Wandy, Selasa (8/3).


Wandy Tuturoong mengungkap pertimbangan utama Presiden Jokowi dalam memilih Kepala Otorita IKN Nusantara. Wandy menekankan aspek profesionalisme.


"Penekanannya di profesionalisme mengingat tantangan kompleksitas pembangunan IKN," kata Wandy.


Setidaknya ada tiga nama yang dijagokan bakal menjadi Kepala Otorita Nusantara. Ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Menkeu dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta eks Wamenhub Bambang Susantono.


Jokowi pun dikabarkan sudah menunjuk orang yang dimaksud akan memimpin ibu kota baru di Kalimantan Timur tersebut. Nama Bambang Susantono disebut-sebut menjadi calon kuat untuk memimpin ibu kota baru.


Wasekjen Partai Demokrat Irwan Fecho menilai Bambang memang memiliki pengalaman pemerintahan dan infrastruktur.


"Secara pribadi saya tidak kenal, tapi menurut saya sosok beliau di samping sudah punya pengalaman dalam pemerintahan terkait sektor infrastruktur, transportasi," kata Irwan Fecho kepada wartawan, Rabu (23/2).


Sementara itu, PKB menyebut sosok Bambang cukup mumpuni menduduki posisi tersebut jika melihat latar belakang dan keahliannya.


"Sejauh ini sosok Bambang Susantono cukup mumpuni melihat latar belakang pengalaman dan keahliannya, pernah menjabat Wakil Menteri Perhubungan pada era SBY," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mendukung Bambang sebagai Kepala Otorita IKN. Diketahui, Ridwan Kamil juga merupakan kandidat calon kepala IKN.


"Ahli bidang pembangunan lulusan teknik sipil. Saya mendukung dan setuju," kata Ridwan Kamil alias RK di Gedung Sate dilansir dari detikJabar, Rabu (23/2).


PAN menilai Bambang Susantono sebagai sosok yang tepat. PAN menyebut Bambang berpengalaman di birokrasi pemerintahan.


"Sebagai ahli infrastruktur dan transportasi, serta telah berpengalaman di birokrasi pemerintahan, maka jika pemerintah atau Pak Presiden Jokowi menunjuk Bambang Susantono sebagai kepala otorita IKN adalah sudah tepat," kata Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Rabu (23/2).

(rs/*)