Warga desa Babakan Madang 3 bulan terbaring setelah di patuk ular, pak Juli bahagia rumah di bedah -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Warga desa Babakan Madang 3 bulan terbaring setelah di patuk ular, pak Juli bahagia rumah di bedah

Tuesday, 1 March 2022

dok. istimewa/ Rumah Juli kini berdiri tegak dan nyaman. Penyerahan kunci dilakukan pada Jumat (25/2) lalu dengan dihadiri Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, secara virtual (1/3).


Bogor - Juli (51), warga RT 03/04 Kampung Cicadas, Desa Babakan Madang, Kabupaten Bogor, selama 3 bulan terbaring di rumah sakit. Pak Juli terpaksa dirawat di rumah sakit karena kakinya dipatuk ular hingga membengkak dan hampir membusuk.


Kisah ini dialami Juli saat dia sedang tidur di satu malam. Ia terbangun karena merasakan sakit di kakinya yang ternyata dipatuk seekor ular.


Juli tak tahu dari mana datangnya ular itu. Namun, kondisi rumah gubuknya dan hanya beralaskan tanah diduga membuat ular dengan mudahnya masuk ke dalam rumahnya.


"Alhamdulillah sekarang sudah sembuh, kemarin tiga bulan dirawat di rumah sakit. Namanya rumahnya kayak gubuk, (alas) tanah, enggak kelihatan," ujar Juli Senin (28/2/2022).


Beruntung Juli langsung dilarikan ke rumah sakit. Biaya pengobatan Juli dibantu Jamkesda.


"Lama-lama dia bengkak kayak membusuk, kaki kanan. Sekarang sudah bisa jalan, pengobatan dibantu Jamkesda," imbuhnya.


Sehari-hari, Juli bekerja serabutan. Penghasilannya pun tak menentu, tak cukup untuk kebutuhannya sehari-hari.


"Kalau ada yang suruh nyangkul saya kerjakan. Itu juga kadang sehari kerja, lamanya nganggur. Paling dapet Rp 100 ribu," kata Juli.


Kisah Juli ini didengar aparat kepolisian. Polres Bogor melalui Polsek Babakan Madang membantu membedah rumah Pak Juli agar lebih aman dan layak.


Selama beberapa hari aparat kepolisian dibantu GP Anshor melakukan bedah rumah Pak Juli dan Bu Eti. Kini, Pak Juli dan Bu Eti tinggal di rumah yang jauh lebih layak dari sebelumnya.


Rumah Juli kini berdiri tegak dan nyaman. Penyerahan kunci dilakukan pada Jumat (25/2) lalu dengan dihadiri Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, secara virtual.


Hadir dalam kegiatan ini juga, Bupati Bogor Ade Yasin, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Kapolsek Babakan Madang Kompol Silfia Sukma Rosa, Kadin Kabupaten Bogor Arwin Syahputra, Ketua PAC GP. Ansor Babakan Madang Bapak Agil dan Ketua BPD Desa Babakan Madang Bapak Didin M. Rasyid.


"Program bedah rumah ini dapat terselenggara berkas bantuan CSR," kata AKBP Iman Imanuddin.


Pak Juli merasa sangat senang kini rumahnya sudah jauh lebih layak. Pak Juli tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada polisi yang telah membantunya.


"Alhamdulillah, iya senang. Terima kasih kepada bakap-bapak dan ibu dari kepolisian yang sudah membantu saya," kata Juli.


Ketua RW 04 Acu mengatakan Juli adalah salah satu penerima bantuan sosial.


"Iya saya prioritaskan para pengangguran yang di masa pandemi ini tidak memiliki pekerjaan, saya prioritaskan menerima bantuan sosial. Kebetulan Pak Juli ini saya daftarkan," kata Acu.


Acu juga menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian atas bantuan bedah rumah ini.


"Saya sangat terkesan dengan upaya dan langkah Polri, Pak Kapolres, Ibu Kapolsek dan Bapak Bhabinkamtibmas yang turut peduli. Termasuk beberapa kali juga melakukan kegiatan vaksinasi, alhamdulillah sudah hampir 85 persen warga yang sudah divaksin," kata Acu. (dw/*)