Densus 88 Antiteror Polri Tangkap Empat Pria di Bandung -->

Breaking news

Live
Loading...

Densus 88 Antiteror Polri Tangkap Empat Pria di Bandung

Wednesday 20 April 2022

dok. istimewa/ Polrestabes Bandung tidak dilibatkan dalam penangkapan terduga teroris dan penggeledahan rumah di Cisaranten Kulon, (20/4/2022).


Bandung - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap empat pria terduga teroris di beberapa lokasi berbeda di Bandung. Keempat pria tersebut diduga sebagai anggota kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).


Informasi yang dihimpun menyebutkan, tim Densus 88 Antiteror pertama menangkap AS (32) di satu mal Jalan Kepatihan, Kota Bandung, Minggu (17/4/2022) sore. Densus 88 sempat membuntuti pelaku dari rumahnya di Cisaranten Kulon, Cisaranten, Kota Bandung.


Saat ditangkap di satu mal Jalan Kepatihan, AS tidak melawan. Selanjutnya, Densus membawa AS ke rumahnya di Kompleks Anterium, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kelurahan Cisaranten, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung.


Dari penggeledahan itu, tim Densus 88 Antiteror Polri menyita beberapa barang bukti. Di antaranya, dompet, handphone, beberapa flashdisk, laptop, dan samurai. Kemudian, AS dibawa ke Mabes Polri.

Setelah menangkap AS, tim Densus Antiteror Polri bergerak ke Kabupaten Bandung, Senin (18/4/2022). Di sini, Densus 88 meringkus tiga terduga teroris. berisinial EL (42), DD (45), dan MJJ (39), EL merupakan warga Kompleks Parken, Desa Pananjung, Kecamatan Cangkuang.

DD warga Kampung Cikupa, Desa Bojongmanggu, Kecamatan Pameungpeuk dan MJJ, warga Kampung Patrol, Desa Gandasari, Kecamatan Katapang. EL, DD, dan MJJ ini merupakan anggota JI Wilayah Timur.


Informasi Tersangka EI merupakan Ketua Korwil Bidang Dakwah. Dia telah memberikan materi tentang gerakan JI sejak 2017 sampai 2020 dan diangkat menjadi Ketua Korwil Timur JI. Tersangka DD merupakan Wakil Ketua Korwil Bidang Dakwah. Sama seperti EL, tersangka DD juga memberikan materi dakwah gerakan JI sejak 2017 sampai 2020. Sementara tersangka MJJ merupakan Korwil Timur JI.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan, Polrestabes Bandung tidak dilibatkan dalam penangkapan terduga teroris dan penggeledahan rumah di Cisaranten Kulon. "Polrestabes (Bandung) tidak dilibatkan dalam kegiatan tersebut," kata Kombes Pol Aswin Sipayung.

Ditanya benar atau tidak tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris di Kota Bandung, Kombes Pol Aswin mengaku belum tahu. "Belum tau kang. Nanti saya cek dulu ya," ujar Kapolrestabes Bandung.


Sementara itu, warga membenarkan tim Densus 88 Antiteror menggeledah rumah AS di Kompleks Kompleks Anterium, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kelurahan Cisaranten, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. "Iya benar (ada penggeledahan). Kemarin Minggu. Cuma datangnya malam sekali," kata warga yang enggan disebutkan namanya, Selasa (19/4/2022). 


Rumah AS yang digeledah Densus 88 itu bercat hijau. Pascapenangkapan AS dan penggeladahan, rumah tersebut nampak sepi seperti tidak berpenghuni. Tak terlihat aktivitas di rumah satu lantai tersebut. Di balik pagar hitam, hanya terlihat sandal berserakan di bawah kursi bambu. Lampu di teras rumah terlihat menyala.


Warga tidak banyak yang mengetahui yang dilakukan petugas Densus 88 di rumah tersebut. Namun yang pasti, rumah itu dihuni oleh satu keluarga namun status mengontrak. "Ngontrak, baru beberapa bulan," ujarnya.


Namun warga tidak tahu persis aktivitas sehari-hari AS. Terduga teroris itu tertutup dan jarang bertegur sapa dengan tetangga. "Kurang tau (tentang AS), tertutup sih," tutur dia. (dw/*)