Siapa sangka,... komedian Komeng awal kariernya dari grup lawak Gereja -->

Breaking news

News
Loading...

Siapa sangka,... komedian Komeng awal kariernya dari grup lawak Gereja

Wednesday, 18 May 2022

dok. istimewa/ Formasinya itu Rudi Sipit, Mamok, Hendrik dan Kokok. Itu tadinya grup lawak gereja. Saya pokoknya masuk terakhir, saya kan paling kecil, (18/5).


Jakarta - Profil Komeng sebagai komedian yang terbilang senior memang sudah tidak asing lagi di dunia hiburan. Tercatat pria dengan nama asli Alfiansyah Bustami ini memulai karier di dunia hiburan sejak dua dekade lalu.


Awalnya nama Komeng mulai dikenal luas saat dia ikut bergabung dalam sebuah grup lawak bernama Diamor. Mereka kerap melawak di acara-acara gereja.


"Jadi Diamor pertama siapa aja formasinya?" tanya Vincent saat Komeng menjadi tamu di kanal YouTube Vindes beberapa waktu lalu.


"Formasinya itu Rudi Sipit, Mamok, Hendrik dan Kokok. Itu tadinya grup lawak gereja. Saya pokoknya masuk terakhir, saya kan paling kecil" kata Komeng.


Sebelum bergabung dengan grup lawak Diamor, Komeng juga membantu teman-temannya mendekor panggung untuk sebuah acara pertunjukan show.


Dikenal sebagai salah satu komedian ternama di Indonesia, profil Komeng menjadi perhatian publik. Tak langsung sombong, pria kelahiran Jakarta 25 Agustus 1970 ini justru mengaku banyak belajar dari senior-senior terdahulunya. Dia pun percaya jika kemampuan melawak bisa diasah.


Lalu di pertengahan era 1990-an, dia pertama kali membawakan acara yang bernama Spontan di salah satu stasiun televisi. Komeng pun mengenang masa awal mula bagaimana Spontan diproduksi. Hal itu diungkapkan Komeng dalam video yang diunggah di kanal YouTube Vindes.


Sahabat Adul itu mengungkapkan fakta  konsep Spontan yang awalnya dipandang sebelah mata oleh beberapa stasiun televisi. Sampai pada akhirnya  Spontan mengudara pertama kali pada 1996.


"Awalnya itu dibikin pada 1993. Tapi diterima baru srjak 1994, soalnya beberapa televisi melihat 'ini apaan nih'" kata Komeng.


Beberapa tahun tayang, berbagai gimmick selalu dilakukan oleh Komeng agar Spontan selalu dinamis dengan komedi-komedinya.


"Akhirnya saya ngisi (suara) berdua tuh. Bahkan dulu sampai ada yang logat medok gitu, biar berubah aja gitu biar banyak," katanya. (dw/*)