Buntut ucapan anggota DPR RI, KASAD Jenderal Dudung Tegur Effendi Simbolon,.. -->

Breaking news

Live
Loading...

Baca Kami di Helo

Buntut ucapan anggota DPR RI, KASAD Jenderal Dudung Tegur Effendi Simbolon,..

Thursday, 15 September 2022

dok. istimewa/ Jika menyampaikan TNI seperti gerombolan, lebih-lebih dari ormas, itu menyakitkan bagi saya. Saya sudah lama bertugas di daerah-daerah operasi, (15/9).


Jakarta -- Buntut ucapan anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang menyebut TNI seperti gerombolan, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengaku sakit hati.


Saat kunjungan kerja di Kabupaten Bengkalis, Riau pada Rabu (14/9), Mantan Pangdam Jaya itu menekankan bahwa TNI punya harga diri. "Kami khususnya TNI AD punya kehormatan dan harga diri," kata Jenderal Dudung.


"Jika menyampaikan TNI seperti gerombolan, lebih-lebih dari ormas, itu menyakitkan bagi saya. Saya sudah lama bertugas di daerah-daerah operasi," ujar Dudung dengan nada tegas.


Oleh karena itu, Dudung meminta anggota DPR Dapil III DKI Jakarta tersebut jangan menyinggung perasaan prajurit TNI. Menurut Dudung, prajurit TNI AD sudah melaksanakan tugas baik di daerah operasi maupun tugas-tugas lainnya untuk membantu rakyat.


"Ini yang tidak boleh diganggu.," kata jenderal TNI bintang empat itu.


Dudung juga mengingatkan politikus PDIP itu agar jangan merasa tahu segala sesuatu yang terjadi di internal TNI. "Kalau tidak tahu, tidak paham tentang fakta dan bukti sebenarnya, jangan asal bicara, karena itu menyakitkan bagi seluruh prajurit," ujar Jenderal Dudung.


Sementara itu, Effendi Simbolon menyampaikan permintaan maaf kepada prajurit TNI akibat pernyataannya menyamakan militer di Indonesia dengan gerombolan atau ormas.


"Saya dari lubuk hati yang mendalam, saya mohon maaf atas apa pun perkataan saya yang menyinggung, yang menyakiti, yang tidak nyaman di hati para prajurit," kata Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9).
(dw/*)