Disebut sosok kader yang punya etika, Ganjar siap maju Capres 2024 -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Disebut sosok kader yang punya etika, Ganjar siap maju Capres 2024

Friday, 21 October 2022

dok. istimewa/ Sebelumnya, Ganjar Pranowo enggan berkomentar lebih jauh soal kesiapannya maju sebagai calon presiden (capres) 2024, (21/10).


Jakarta - Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP Ganjar Pranowo memastikan dirinya siap maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024, tapi menegaskan persoalan pencapresan merupakan urusan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Relawan Ganjar menilai pernyataan itu sebagai etika Ganjar sebagai kader PDIP.


"Dia menjaga marwah ketua umumnya sebagai pemegang mandat partai yang direkomendasi oleh hasil kongres, beliau sosok kader yang punya etika, artinya tidak mau grusa grusu lah," kata Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer saat dihubungi, Kamis (20/10/2022).


Selain itu, pria yang akrab disapa Noel ini menilai Ganjar tengah menekankan dirinya kader PDIP. Artinya, kata dia, Ganjar menegaskan dirinya tidak untuk dijual ke partai lain.


"Artinya dia sebagai kader siap lah, kan itu bahasa beliau tanggal 18 kemarin. Walau itu bentuk declare pertama dia sebagai, secara politik dia sudah mendeclare diri siap sebagai capres 2024. Yang terpenting adalah memang persis dia tidak untuk diperdagangkan atau untuk dijual pada hari ini," ucapnya.


Kemudian, Noel menyebut Ganjar terlihat saat ini sudah mulai leluasa dengan menyatakan dirinya siap mencalonkan diri sebagai persiden. Padahal, menurutnya pernyataan itu sebelumnya tabu disampaikan di internal PDIP.


"Sudah ada keleluasaan Mas Ganjar dalam mendeclare dirinya sebagai capres, itu sebenarnya sangat tabu, berani declare dirinya, artinya bahwa Mas Ganjar ada semacam sinyal halus yang menurut saya sudah ada dukungan dari Bu Mega sebagai Ketum, nggak mungkin seorang Ganjar berani lancang secara politik tanpa ada dukungan halus Bu Mega, tapi belum definitif ya, secara emosional Bu Mega pasti ke Mas Ganjar," ujar dia.


Sebelumnya, Ganjar Pranowo enggan berkomentar lebih jauh soal kesiapannya maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Ganjar menyebut urusan capres sepenuhnya ada di Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.


"Capres opo? Wong aku iki PDI Perjuangan. Nggon PDI Perjuangan capres kui urusane Bu Mega (Capres apa? Aku ini PDI Perjuangan. Di PDI Perjuangan capres itu urusannya Bu Mega)," kata Ganjar kepada wartawan di sela pembukaan Kabupaten Semarang Expo (KASMEX) di Lapangan Panglima Besar Sudirman Ambarawa, dilansir detikJateng, Kamis (20/10).


Ganjar mengatakan semua kader sudah mengetahui kalau capres merupakan keputusan Megawati sesuai keputusan kongres.


"Kabeh wis reti, kui urusane Bu Mega (Semua sudah tahu, urusan capres adalah urusan Bu Mega). Wis (sudah) keputusan kongres," jelasnya. (dw/*)