Kemenag Lumajang Dalam Apel Hari Santri Menyampaikan "Resolusi Jihat" -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Kemenag Lumajang Dalam Apel Hari Santri Menyampaikan "Resolusi Jihat"

Sunday, 23 October 2022

Peringatan HSN bukanlah milik santri sematan, peringatan Hari Santri adalah milik kita semua, (23/10).


Lumajang - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim memimpin Apel Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022, di Alun -alun Lumajang, Sabtu (22/10/2022).

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden No. 22 Tahun 2015, telah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri, kemudian peringatan tahun ini mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan".

"Penetapan 22 Oktober merajuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia," ungkap Muslim.

Menurut dia, resolusi tersebut kemudian juga melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Itu sebabnya, Muslim mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta merayakan HSN, seperti halnya dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

"Peringatan HSN bukanlah milik santri sematan, peringatan Hari Santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan," terangnya.

Apel HSN tersebut, diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono serta beberapa jajaran Forkopimda. ( dsr )