BPAN BASUS D88 Soroti Pelebaran Upt PJJ Probolinggo Ruas Jalan Grobogan - Bts Jember -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

BPAN BASUS D88 Soroti Pelebaran Upt PJJ Probolinggo Ruas Jalan Grobogan - Bts Jember

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Saturday, 5 November 2022

Dok istimewa fz / Lokasi proyek yang diduga mangkrak dan rawan kecelakaan lalulintas serta merugikan masyarakat


Lumajang – Berawal dari pengaduan masyarakat kepada Tim Investigasi Lembaga BPAN (Badan Peneliti Aset Negara) BASUS D88. Saiful Syah, Terkait Pelebaran ruas jalan Grobogan_ Jember Lumajang yang waktu pelaksanaanya kalau menurut papan nama yang terpampang tinggal menghitung hari namun menurut masyarakat sudah hampir satu (1) bulan kubangan bekas galian yang dimungkinkan mau di cor berhenti tidak ada pengecoran walaupun sudah di gali, sehingga menganggu aktivitas masyarakat, Selain itu dapat mengancam keselamatan penguna jalan, maka dari itu pada tanggal 04 November 2022 awak media dan Tim investigasi turun ke lapangan, ternyata benar apa yang menjadi keluhan masyarakat (05/11/2022).


Menurut narasumber yang tidak mau di sebutkan namanya bahwa gara_ gara galian yang tidak kunjung di cor ini sering terjadi kecelakaan, bahkan ada salah satu warga mau memasukkan mobil kerumahnya jatuh ke lubang jalan yang tidak segera di cor tersebut, sehingga mengakibatkan rensek pada mobile nya, selain itu orang yang lewat dari luar daerah apa lagi malam banyak yang jatuh bahkan sampai patah,untuk itu kami berharap kepada pemerintah khususnya PUTR agar segera menindak CV. Indo Jaya yang mengerjakan proyek ini karena kerjanya terkesan sangat lamban dan asal jadi sehingga Merugikan rakyat.


"Masih di lokasi pekerjaan ada salah satu pekerja diproyek tersebut yang duduk santai sambil menikmati lintingan rokok waktu rehatnya menceritakan kepada wartawan ini, bahwa dirinya sangat pesimis kalau proyek ini akan selesai sesuai jadwal, karena para pekerja rata_ rata menyesal dan malas bekerja, permasalahannya dirinya dan pekerja yang lain sering diliburkan disebabkan material tidak ada,  selain itu masalah gajian ini sudah 3 Minggu belum dibayar padahal gajiannya sangat ditunggu keluarganya untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari, dampak dari lambatnya gajiannya mengakibatkan banyak hutang di toko keluhnya, ketika ditanya Kok dipakai Septy dia bilang mulai awal Bekerja tidak pernah di lengkapi APD dan tidak pernah dimintai KTP untuk didaftarkan ke bpjs tenaga kerja jelasnya.


Dok istimewa fz / Lokasi proyek yang diduga mangkrak dan rawan kecelakaan lalulintas serta merugikan masyarakat


“Di Tempat terpisah Menurut Tim ( Lembaga Penelitian Aset Negara) BASUS D88 Saiful syah saat di wawancarai awak media Via telfon selulernya menyampaikan seharusnya Dinas terkait dalam menentukan pemenang tender cari CV,PT yang legalitasnya jelas dan punya uang, sehingga dalam melaksanakan pekerjaan bisa maksimal dan tepat waktu.


”Karena ini salah satu program pemerintah provinsi Jawa timur kami ajak masyarakat Grobogan agar sebisanya ikut serta mengawasi dan mengawal pekerjaan ini sampai tuntas.dengan hasil yang maksimal sementara anggaran pembangunan ini Rp. 9.211.254.151,74 Sumber Dana DPA_SKBD_APD_Pov_Jatim waktu pekerjaan 180 hari, dimulai 20 Mei 2022 selesai 16 November 2022

Untuk itu saya berharap kepada pemerintah, khusus dinas DPU Bina Marga Provinsi Jawa timur agar mendesak rekanan untuk segera menyelesaikan pekerjaan ini kalau tidak kami secepatnya kirim surat resmi tandasnya.

Sementara dari dinas DPU Bina Marga Provinsi Jawa timur yang di komfirmasi via WhatsAppnya melalui humasnya sampai berita ini naik ke redaksi belum ada jawaban (Nocoment)??? Bersambung * (fz/tim)