Gempa Cianjur Presiden Jokowi perintahkan jajarannya untuk penangnan darurat -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Gempa Cianjur Presiden Jokowi perintahkan jajarannya untuk penangnan darurat

Tuesday, 22 November 2022

dok. istimewa (22/11) Untuk bersama-sama menggerakkan jajarannya dalam membantu musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur.


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya korban bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Jokowi langsung memerintahkan jajarannya untuk melakukan penanganan darurat.


"Saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat," kata Jokowi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (22/11/2022).


Perintah Jokowi terkait penanganan gempa ini sudah disampaikan kepada Menko PMK Muhadjir Effendy, BNPB dan Basarnas. Jokowi juga memberikan arahan agar Kementerian PUPR, TNI dan Polri ikut terlibat dalam penanganan pascagempa.

"Untuk bersama-sama menggerakkan jajarannya dalam membantu musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur ini utamanya yang berkaitan dengan akses, pembukaan akses yang terkena longsor," ujar Jokowi.



Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan data korban gempa M 5,6 Cianjur masih belum bisa dipastikan. Berdasarkan data sementara, ada 162 orang yang dilaporkan meninggal dunia.


"Angkanya masih belum bisa dipastikan, untuk angka sementara sekitar 162 orang meninggal dunia," kata Muhadjir dalam jumpa pers di Cianjur seperti rekaman yang dibagikan kepada wartawan, Selasa (22/11/).


Pernyataan itu disampaikan Muhadjir setelah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dalam penanganan tanggap bencana gempa Cianjur. Hadir dalam kesempatan itu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala BNPB Suharyanto, Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga Bupati Cianjur Herman Suherman. (dw/*)