Polisi buru Bandar narkoba, kabur dari Lapas Cipinang -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Polisi buru Bandar narkoba, kabur dari Lapas Cipinang

Tuesday, 1 November 2022

dok. istimewa[ Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan]  Bokir disebut sedang menjalani vonis 14 tahun penjara, (01/11).


Jakarta - Narapidana (napi) bandar narkoba Aditya Egatifyan alias Bokir (25) kabur dari Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur. Bokir saat ini sedang diburu oleh pihak pemasyarakatan dan dibantu polisi.


Bokir kabur pada Sabtu (29/10/2022) dari Lapas Cipinang. Saat ini Bokir masih dalam pencarian.


"Kejadiannya kemarin (29/10) sore sehabis salat Magrib. Bandar narkoba. Sekarang masih dalam pencarian," kata Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Tony Nainggolan, Tony Nainggolan, dilansir Antara, Senin (31/10/2022).

Bokir disebut sedang menjalani vonis 14 tahun penjara. Belum diketahui pasti bagaimana cara Bokir dapat kabur dari Lapas Kelas I Cipinang.


Tony menyebut bahwa Bokir memiliki ciri khusus. Bokir memiliki tinggi badan sekitar 175 sentimeter dengan tato di bagian lengan kiri.


"Ya (terpidana kasus narkoba), dihukum 14 tahun. Dia sudah jalani 3 tahun," kata Tonny.


Dia mengatakan pihaknya kecolongan atas kaburnya Bokir. Dia mengatakan belum ada dugaan keterlibatan napi lain maupun petugas Lapas Cipinang terkait kaburnya Bokir.


Tony mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan sementara, diduga Bokir kabur dengan cara memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan pagar ornamesh menggunakan alat bantu sarung.


"Masih dalam pendalaman. Dugaan sementara dengan memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan memanjat pagar ornamesh dengan alat bantu sarung," ujar Tony.


Lebih lanjut, Tony menuturkan pihaknya telah melaporkan kasus kaburnya tahanan bandar narkoba tersebut ke Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur dan Unit Reskrim Polsek Jatinegara untuk membantu penyelidikan.


"Dalam pencarian, kita bersama aparat kepolisian dan Babinsa," kata Tony.


Ditjenpas juga menginvestigasi kaburnya Bokir ini. Selain polisi, BNN dilibatkan dalam pencarian.


"Belum, kita masih mendalami dan melakukan pencarian melibatkan polisi hingga BNN," kata Tonny Nainggolan, saat dihubungi, Senin (31/10).


Dia mengatakan polisi mendalami kaburnya Bokir dengan memeriksa napi lain serta petugas. Dia mengatakan pihak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) juga turut menginvestigasi kaburnya Bokir.


"Saat ini polisi juga masih di lapas untuk mendalami info yang mungkin bisa digali untuk upaya penangkapan napi. (Yang diperiksa) napi maupun petugas. Tim dari Ditjenpas sedang investigasi," tuturnya.


Dia mengatakan pemeriksaan juga dilakukan terhadap keluarga dan rekan-rekan Bokir.


"Ya, pihak keluarga ikut dimintai keterangan, dari pertemanan juga. Pokoknya dari segala aspek kita cari," ucap Tonny.

Polisi mengatakan pihaknya telah dihubungi oleh lapas. Polres Jakarta Timur kini sedang membantu pencarian.


"Jadi untuk menangkap pelaku yang kabur itu memang kita mengedepankan satuan wilayah dulu, Polres Jakarta Timur untuk mencari yang kabur itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Senin (31/10).

Zulpan mengatakan tim kepolisian Polres Metro Jakarta Timur bersama petugas Lapas Cipinang masih melakukan pencarian. Lokasi yang diduga menjadi pelarian pelaku tengah disisir.


"Tentunya polisi akan mencari yang bersangkutan apalagi sudah ada permintaan dari Kalapas itu meminta kepolisian untuk mencari. Kita akan mencari sesuai data yang diberikan kepada kepolisian," tutur Zulpan.


Selain itu Zulpan pun memberikan ultimatum kepada napi Bokir. Dia meminta pelaku untuk menyerahkan diri ketimbang terus diburu oleh polisi.


"Kita mengimbau juga kiranya yang bersangkutan bisa menyadari kekeliruannya dan menyerahkan diri ke kepolisian. Itu lebih mempermudah daripada nanti kita tetap memburu bagaimana pun," jelas Zulpan. (dw/*)