DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Pasangan ST.2015 Unggul Di Bulukumba

Pasangan ST.2015 Unggul Di Bulukumba

Pasangan ST.2015 Unggul Di Bulukumba

Bulukumba, Media Investigasi
 Pilkada serentak 2015 Kab Bulukumba  9 Desember lalu  telah usai dilaksanakan. Hasil rekap perolehan suara tingkat kabupaten pun usai dihitung. Meski KPUD belum menetapkan siapa pemenang terpilih, namun perolehan suara unggul terbanyak diraih oleh pasangan ST.2015  (A. Sukri, AS - Tommy Satria ).
      Meski  rekap perolehan suara, telah diketahui  rakyat Bulukumba, perolehan suara Paslon ST.2015, belum bisa diterima oleh paslon nomor urut  5 (Andalanta)  yang  tetap memprotes KPU dengan melapor ke Panwaslu setempat, tentang dugaan soal  masih banyaknya pemilih tidak  datang mencoblos ke TPS, karena diduga tak memperoleh surat  C6  untuk memilih." Hal itu yang diklaim paslon nomor  5, hingga berdemo mendatangi kantor Panwaslu Bulukumba di Jl. Melati Rabu, (17/12) lalu," ungkap Musdar  tim no.  5, kepada awak media, berkomentar.
      Pilkada Kab Bulukumba , yang diikuti lima pasangan calon ini, di dalam perjalanannya memang berlangsung seru, alot dan menarik untuk  dibincangkan. Selain figur ketokohan calon bupatinya   sama memiliki potensi untuk menang terpilih, pasca rekap suara memunculkan riak, ribet dan  ribut soal klaim perolehan suara. Ujungnya membuat Penyelenggara KPU jadi bulan-bulanan tudingan, sebagai penyelenggara yang tak bekerja maksimal.
       Kelima paslon, bila dianalisis, tiga Cabupnya memiliki wilayah fanatisme pemilih yang loyal di wilayah geopo litik. Paslon nomor Satu misalnya, punya basis suara di wilayah Gantarang, Paslon nomor Dua punya basis di wilayah Timur Bulukumba dan Paslon nomor urut  5  Punya pemilih loyal di daerah Kindang. Dua Paslon  lainnya, nomor Tiga dan nomor  Empat praksis tak punya wilayah pemilih  fanatik, mereka dicap sebagai  pendatang yang belum mengakar kuat di Bulukumba.
      Karena itu, ungkap  Noorsi Dg Pawinru, pengamat Politik dan Hukum di Ujungbulu, jauh hari telah menjagokan Paslon nomor Satu sebagai unggulannya. Alasannya? Figur cabup Andi Sukri Sappewali, katanya lebih berkharisma, punya magnit  berhulu kuat  untuk menang. "Pemilih jompo dan berumur tua, lebih dominan untuk memilih paslon nomor satu, karena mereka mengatahui dan loyal pada kepemimpinan Andi Sukri Sappewali Andi Sultan yang kharismatis itu.
      Mengungkap peta dan irama pemenangan paslon nomor Satu, banyak pengamat politik jauh hari telah memprediksi Andi Sukri akan menang bila berpasangan dengan Tommy Satria Yulianto, yang dikenal cerdas dan piawai berkomikasi dengan warga masyarakat. Paslon bertagline ST.2015 itu, juga cerdas memakai tim sukses pemenangan. "Berani , aktif dan solid, bermain intrik- intrik pandai  membaca pergerakan lawan. Itu terlihat pada tim yang dipasang, di wilayah Ujungbulu, Ujungloe dan Gantarang," ungkap Ir. Iskandar berpendapat.
       Perolehan suara Paslon ST, yang unggul di lima wilayah Kecamatan : Gantarang, Bulukumpa, Rilauale, Ujung Bulu dan Ujungloe , mengantar buah kemenangan pertarungan Pilkada  Bulukumba diraih nomor urut Satu. meski, tetap dibayang-bayangi paslon nomor urut Lima, taglin  Andalanta yang dikenal sebagai Petarung kuat  di medan Pilkada 2015.  Angka kemenangan     Paslon ST, dalam prosentase  2,41 persen, tidak akan terkejar lagi. Kini kita tinggal menunggu hari Pelantikannya sebagai Figur Bupati ke sebelas, sejak Bulukumba berdaulat sebagai daerah kabupaten di Sulsel. (Noer A Rauf)


Post a Comment