DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

PUSTU BONTO KATUTE TIDAK DAPATKAN PERHATIAN PEMKAB SINJAI

PUSTU BONTO KATUTE TIDAK DAPATKAN PERHATIAN PEMKAB SINJAI

            Pustu Bonto Katute Tidak Dapatkan Perhatian Pemkab Sinjai

Sinjai, Media InvestigasiSarana Layanan Kesehatan Bonto Katute Tidak Ada Pustu Bonto Katute   Kec. Sinjai Borong Kab. Sinjai yang berdiri dua tahun  yang lalu, tepatnya 2014, kini kondisinya memprihatinkan. Selain  bangunannya keropos dimakan rayap, juga diduga kondisi bangunan sejak awal memang tidak sesuai dengan RAB. Hingga berita diturunkan tak tampak ada perbaikan atau perawatan lagi.

Awak Media Investigasi saat di pustu, pada 20, September, 2016, para tenaga kesehatan tak terlihat di tempat, pelayanan kesehatan pada masyarakat tentu tidak ada. Terdengar kabar, bahwa bidan desa tidak ada.”Kami warga di sini, kurang diperhatikan pelayanan kesehatannya,” ujar warga yang kebetulan lewat di depan pustu.


Sarana pelayanan kesehatan warga di Desa Bonto Katute, bagai pepatah, ‘Hidup segan, matipun tak mau’, cukup memprihatinkan memang keadaannya. Dr, Suryanto Asapa, M.Si, Kadis Kementerian Kesehatan Kab. Sinjai, pernah menjanjikan kepada wartawan media ini, Awaluddin Umar, SH akan difungsikan secepatnya, namun tidak pernah terwujud. 

Layanan Kesehatan Warga Tidak Prima
Kepala Desa Bontokatute, Darmawati, berkali-kali mengajukan protes ke Pemkab Sinjai, tak juga dapat respon. Ketika ditemui wartawan media ini, mengakui kondisi pustu di wilayahnya terbengkalai, tanpa perhatian dari istansi terkait. 

Menurut dia , keadaan pustu itu sudah di laporkan beberapa kali ke Puskesmas Kec. Sinjai Borong, meski tak ada tanggapan.

Masih kata  Kades Bonto Katute, masyarakat sangat membutuhkan keberadaan pustu tersebut, karena terbilang jauh dari Puskesmas Kota  Kecamatan Sinjai Borong, kemudian infrastruktur jalan  yang tidak memadai sehingga angkutan tidak lancar.

“Sarana pelayanan kesehatan itu, sesungguhnya sangat kita perlukan. Banyak warga desa, kini butuh pelayanan kesehatan,” ujar Kepala Desa Darmawati kepada wartawan media ini, saat dijumpai di Kantor Desa Bonto Katute.  (Awaluddin Umar, SH)
Post a Comment