DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

MENSOS; JADUP DAN HUTAP AKAN DI BERIKAN

MENSOS; JADUP DAN HUTAP AKAN DI BERIKAN

Menteri Sosial (Mensos) RI Khofifah Indar Parawansa

Kota Bima NTB, Media Investigasi-Ditengah air mata dan duka berkepanjangan akibat banjir bandang yang terjadi pada Rabu (21/12/2016), warga Kota Bima kini boleh tersenyum. Pasalnya, ada janji yang terucap dari Menteri Sosial (Mensos) RI Khofifah Indar Parawansa, saat berkunjung ke Kota Bima pada Senin (26/12/2016). Janji tersebut, yakni berupa Jaminan Hidup (Jadup) bagi seluruh korban banjir.

Terkait Jadup, setiap warga yang yang menjadi dampak dari bencana tersebut, akan mendapatkan santunan sebesar Rp 900 ribu dari kalkulasi Rp10 ribu per hari untuk 100 hari. Sedangkan untuk Jaminan Hunian tetap (Huntap), akan diberikan bantuan sebesar Rp3 juta.


Sebelum Jadup dan Huntap tersebut diberikan kepada korban banjir, Khofifah mendesak Pemerintah agar segera melakukan pendataan. Desakan pendataan tersebut, bukan saja terkait warga yang menjadi korbannya, tetapi juga soal rumah warga yang diterjang oleh banjir bandang. “Setiap jiwa, akan menerima Jadup sebesar Rp10 ribu per hari, dikalikan selama 100 hari. Sedangkan untuk Huntap akan mendapatkan bantuan senilai Rp3 juta per rumah,” janjinya.

Jadup dan Hutap jelasnya, akan diserahkan setelah masa tanggap darurat selesai. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerja keras Pemerintah untuk mendata korban dan bangunan yang rusak parah, sehingga bantuan bisa disalurkan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan Kemensos.


Kepada warga Kota Bima yang terserang bencana banjir bandang, Khofifah berharap agar tetap bersabar. “Ini ujian yang diharapkan dapat diterima dengan sikap sabar dan Qana'ah oleh seluruh masyarakat Kota Bima. Soal Jadup dan Huntap, akan diserahkan setelah usai masa tanggap darurat,” janjinya Kemensos Khofifah Indah Parawansa," 


Repoter: Abd.Rahim/Tim
Editor: Rosyid
Post a Comment