DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Kapal Mewah Turut Meriahkan FBK 2017

Kapal Mewah Turut Meriahkan FBK 2017

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar.

Tanjungpinang, MEDIA INVESTIGASI.COM- Wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara dan masyarakat Kepri khususnya warga Tanjungpinang akan disuguhi pemandangan kapal-kapal mewah saat pagelaran Festival Bahari Kepri (FBK) nanti.

Tanjungpinang, Bukan hanya kapal hias yang diberi nama tokoh-tokoh Melayu yang akan mengisi lautan sekitar depan Tepilaut Tanjungpinang. Namun, akan ada kapal-kapal pesiar (yacht) turis asing yang singgah di Tepilaut.

Kehadiran yatcher dengan kapal-kapal super mahalnya di Tanjungpinang juga merupakan rangkaian FBK yang disejalankan dengan ekspedisi Wonderful Indonesia Sailing to Tanjungpinang Bintan tersebut.

Sudah hampir bisa dipastikan, sebanyak 45 kapal layar atau yacht dari berbagai negara sudah mendaftar dan menyatakan ikut meramaikan gelaran akbar Festival Bahari Kepri (FBK) jilid dua tahun 2017 ini. Pemerintah Provinsi Kepri menjadwalkan kapal-kapal mewah itu akan berada di Tanjungpinang selama tiga hari, mulai tanggal 17-20 Oktober nanti.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar menuturkan, tim yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), swasta, bahkan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) bentukan oleh Kementerian Pariwisata RI dan lainnya terus meningkatkan koordinasi untuk menyambut turis di FBK nanti.

Dan informasi terbaru yang sudah diterimanya, ada lebih kurang 45 yacht dengan 100 yachter yang ikut dalam perjalanan ekspedisi Wonderful Indonesia Sailing to Tanjungpinang Bintan tersebut.

”Jadwal kedatangan pertama, rombongan yacht satu per satu masuk lebih dulu di Kabupaten Lingga pada tanggal 7-14 Oktober mendatang. Lalu kemudian siap-siap ke Tanjungpinang tanggal 17 Oktober,” jelas Buralimar, kemarin.

Rencananya, sampai di Tanjungpinang rombongan kapal layar super mewah itu, akan berlabuh di kawasan Tepilaut tepatnya di kawasan Kampung Bugis-Pelantar 2 atau titik koordinat 0 56 350 N 104 26 522 E.

Masih dalam satu rangkaian FBK, Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kepri sudah mempersiapkan rangkaian acara untuk memeriahkan rangkaian gelaran Festival Bahari Kepri 2017 (FBK).

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Riau, siap menggelar berbagai perlobaan permainan tradisional. Pelaksanaan lomba permainan tradisional tersebut akan dipusatkan di Pantai Tanjung siambang, Kelurahan Dompak Tanjungpinang mulai, tanggal 13-15 Oktober 2017.

Kepala Dispora Provinsi Kepri, Maifrizon memaparkan, sejumlah cabang permainan tradisional yang dilombakan nantinya merupakan cabang permainan yang juga dilombakan di tingkat nasional. Meliputi, lomba perahu jong, sampan layar, permainan hadang, layang-layang, terompah panjang, dan enggrang. ”Dalam lomba tersebut nantinya para peserta dari berbagai daerah akan turut serta,” katanya.

Selain itu, dipastikan pada cabang permainan tertentu juga bakal diikuti para peserta dari luar negeri. Seperti pada permainan layang. ”Nanti para cabang layang-layang rencananya juga diikuti para peserta dari Singapura dan Malaysia,” ujar Maifrizon.

Dijelaskannya, alasan dipilih Pantai Tanjung Siambang menjadi arena perlombaan olahraga tradisional tersebut karena kawasan tersebut memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas.

Ditambah lagi, kawasan tersebut sudah termasuk nyaman untuk memfasilitasi peserta dan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan perlombaan tersebut.

Oleh karena itu, Maifrizon mengajak masyarakat Kepri penyuka permainan tradisional untuk turut serta menyaksikan dan menjadi peserta dalam berbagai lomba permainan tradisional nanti.

Tak tanggung, lanjutnya, untuk memeriahkan ragam perlombaan dalam gelaran FBK nanti, Dispora Kepri sudah menyiapkan hadiah dengan total sebesar Rp 140 juta.

”Kami mengajak masyarakat penyuka permainan tradisional turut meramaikan kegiatan ini untuk menyaksikan pada hari H nanti. Namun, jika berminat menjadi peserta dapat langsung mendaftar. (mi*/sp)
Post a Comment