DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Bawang Putih: Banyak Mengandung Obat Mujarab

Bawang Putih: Banyak Mengandung Obat Mujarab

Jakarta, (MI)- Penyebab pasti dari kanker sampai hari ini belum diketahui secara pasti. Namun, penelitian terus dilanjutkan dan mendapatkan hasil, ada makanan-makanan khusus yang memiliki khasiat bisa memerangi kanker. Salah satunya adalah bawang putih.

Tidak hanya membuat masakan jadi lebih kaya rasa, bawang putih juga bisa meningkatkan kesehatan.

Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 400 ribu wanita, para peneliti menemukan mereka yang paling banyak makan bawang putih memiliki risiko kanker kolon 50 persen lebih rendah dibanding yang makan paling sedikit. Para ilmuwan percaya, hal ini disebabkan antioksidan yang ada di dalam bawang putih, allicin, yang bisa memerangi infeksi dan bakteri.

Studi ini juga bukan satu-satunya yang menyimpulkan hasil sama. Riset tambahan menunjukkan, pencinta bawang putih yang makan lebih dari enam siung bawang putih dalam seminggu, memiliki angka kanker kolorektal 30 persen lebih rendah, dan 50 persen lebih rendah untuk kanker perut.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
Manfaat bawang putih tak berhenti sampai di situ. Riset lain menyimpulkan, bawang putih bisa membantu mengatasi sakit di musim dingin.

Dalam sebuah studi Inggris terhadap 146 orang, peneliti memberi partisipan plasebo atau ekstrak bawang putih selama tiga bulan. Pada akhir masa tes, setelah 12 minggu, mereka menemukan partisipan yang mengonsumsi bawang putih lebih tahan terhadap flu.

Walaupun hasilnya bisa berbeda dengan ketika bawang putih digunakan dalam masakan, para ilmuwan masih yakin, temuan mereka ini layak dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan.

Untuk memaksimalkan manfaat bawang putih, cobalah trik sederhana ini: cincang, potong, geprak, atau tumbuk bawang putih. Setelahnya, jauhkan dari panas selama 10 menit.

Para peneliti mengatakan, hal ini membantu menahan manfaat kesehatan dari allicin di dalam bawang ptuih. Bawang putih setelahnya bisa di tumis, panggang, atau goreng seperti biasa.
Post a Comment