Breaking News

Hasil Panen Petani Cukupi Kebutuhan Pangan

Hasil Panen Petani Cukupi Kebutuhan Pangan


Pacitan (MI)- Bulan suci ramadhan sudah memasuki pekan ke tiga dan Hari raya Idul Fitri sudah di depan mata, Terkait hal tersebut Dinas Pangan Kabupaten Pacitan memastikan stok pangan mencukupi hingga beberapa bulan kedepan.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Pangan Kabupaten Pacitan Ir Bambang Supriyoko,MP, Bahwa sesuai perhitungan dari awal ramadhan bersama dengan Bulog bahwa Persediaan pangan Kabupaten Pacitan masih dalam kondisi aman.

"Ketersediaan pangan itu dari dua arah yaitu yang pertama dari hasil panenan selama bulan januari hingga april sesuai dengan kebutuhan itu masih melebihi target, Kemudian yang dua kita lihat dinamika pasar bahwa bahan pangan banyak yang masuk ke pasar di wilayah pacitan,"jelas mantan Kadis Perhubungan tersebut, Selasa (5/6/2018).

Lebih lanjut Bambang menambahkan, Yang menjadi pertimbangan adalah bahan pangan di Pacitan tersedia, namun yang kita lihat apakan masyarakat bisa memanfaatkan ketersediaan pangan tersebut.

"Yang artinya adalah bagaimana daya beli masyarakat dengan ketersediaan tersebut, karena saat ini daya beli masyarakat masih dibatas stabil dan belum ada peningakatan secara segnifikan,"tambahnya.

Seperti diketahui saat Bupati Pacitan melakukan sidak di pasar Minulyo dan Arjowinangun, Bahwa informasi dari para pedagang untuk kebutuhan pokok ada beberapa yang nengalami kenaikan namun itu masih di batas kewajaran.

"Jadi untuk saat ini masih belum ada gejolak dan kenaikan dengan bahan pangan yang ada di pasaran serta masih sebatas kewajaran,jika di lihat dari dinamika pasar yang masih cukup ramai dengan daya beli masyarakat yang masih stabil,"ujarnya.

Namun yang perlu di perhatikan adalah bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu dan kurang beruntung dalam hal ini terkait masalah pangan, Ini juga butuh perhatian dari berbagai pihak agar bisa merasakan kemudahan dalam urusan bahan pokok pangan.

"Namun perlu kita bersyukur karena dalam hal pangan kepada dinas yang menanggani seperti Dinas Sosial dan program Bupati yaitu Grindulu mapan sehingga ketersediaan pangan bagi saudara kita yang kurang mampu bisa terpenuhi,"tandasnya.

Hal senda juga di sampaikan Kepala Gudang Bulog Pacitan Didik Sumartono, Untuk stok beras di Kabupaten Pacitan hingga bualn Oktober 2018 mendatang masih dalam posisi aman. Karena stok beras saat ini mencapai 2.400 ton yang aman selam lima bulan termasuk untuk alokasi bantuan sosial sesuai dengan pedoman hanya 456 ton per bulan.

“Untuk target kami juga sesuai pagu. Jadi per bulan saya harus bisa mengeluarkan dan memasukkan 456 ton beras namun kita juga sudah antisipasi jika nanti ada lonjakan harga di pasaran,"paparnya.

Saat di tanya terkait Oprasi Pasar di bulan ramadhan dan menjelang Hari raya,Didik mengatakan semua sudah di antisipasi bersama Dinas Perindag juga Satgas Pangan jika ada lonjakan dan kebutuhan di titik-titik yang rawan stok pangan.

Baca juga : Gubernur bertemu, Moazzam Malik, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste

"Untuk saat ini kita masih sebatas kordinasi serta antisipasi bersama Dinas Perindag dan Satgas pangan,karena harga beras di pasaran masih stabil jadi kita belum mengadakan Oprasi Pasar,"pungkasnya. (tyo)
Post a Comment