DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Potensi Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Potensi Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Lampung Timur, (MI)- Beberapa hal yang harus di ketahui tentang Potensi Sekampung Kabupaten Lampung Timur ini. Berikut ini adalah fakta-faktanya yang harus di ketahui tentang Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur, (28/08).

Sekampung adalah daerah yang rata-rata orang yang  tinggal di sana dari suku jawa, dengan menggunakan bahasa jawa dan orang dari keturunan cina namun hanya beberapa saja. Hal ini tidak menjadi masalah karena warga di sini tidak pernah membedakan suku, kebudayaan dan yang lainnya. Mereka berinteraksi, ataupun bersosialisasi dengan baik ,sehingga menimbulkan ke akraban antar warga satu dengan yang lainnya. Sekampung adalah daerah yang beribukota di Lampung.

Sekarang jalan raya yang ada di sekampung sudah di perbaiki, jadi saat akan lewat di sekampung jalannya sudah tidak rusak lagi dan perjalanan akan lancar, dan sudah tidak di sebut dengn joglangan 1000 lagi.dulunya karena jalan yang sangat rusak dan kendaraan yang sangat banyak sampai pernah sering terjadi kecelakaan yang korbannya bisa sampai meninggal juga.

Pada saat perayaan 17 agustus pasti mengadakan upacara di lapangan kecamatan dengan murid-murid dan guru yang masih di daerah kecamatan Sekampung, setelah itu menampilkan dram band dari berbagai macam sekolah yang ada di sekitar kecamatan, setelah itu siang baru di adakan karnaval.  Dan sorenya penutupan upacara dan masih bersama murid-murid dan guru di daerah kecamatan sekampung tersebut.

Di daerah kecamatan sekampung sekarang juga ada tempat perkuliahan atau kampus, yang di beri nama STIS Darul Ulum. Di Yayasan ini menyediakan pembelajaran dari tingakat TK sampai ke Perguruan Tinggi.

Nama-nama daerah yang ada di daerah sekampung terbilang unik, menggunakan nama-nama angka di sana, misalnya ada 53,58,57,56 dan sebagainya.
Di kecamatan sekampung tepat di depan lapangan Sekampung, berdekat dengan kantor kecamatan setiap sore nya pasti banyak pedagang yang berjualan berbagai macam makanan, sampai larut malam.

Di daerah kecamatan sSekampung masih banyak yang mempercayai adat istiadat di masa nenek moyang dulu, yang masih di gunakan ataupun di laksanakan sampai saat ini pada masa-masa ataupun kejadian-kejadian tertentu, misalnya, pas saat ada yang menikah, di buatkan kembar mayang kalau kata orang jawa. Itu contoh kecil dan masih banyak lagi.

Di daerah kecamatan sekampung ada juga pondok Pesantren yang di sananya sekaligus bisa sekolah dari tingkat SD sampai kuliah di kecamatan ini sudah menyediakan fasilitasnya.

Di daerah kecamatan sekampung orangnya ramah-ramah, jadi bisa kenal antara satu dengan yang lainnya dan di usakan dapat membaur dengan baik. Mengingat daerah kecamatan sekampung adalah di desa dan bukan kota.
Jaringan atau sinyal untuk di kecamatan Sekampung ini sudah terbilang sangat lancar, karena sudah tersedia tower di berbagai desa. Sehingga saat memakai kartu apapun di daerah ini sangat lancar.

Warga yang bertempat di sekampung kabupaten lampung timur Lebih banyak orang yang beragama islam dari pada non-islam.

Dekat dengan kantor kecamatan Sekampung tepatnya di belakan lapangan sekampung terdapat pasar yang buka dari jam 6.00 sampai dengan tutup itu jam 16.00. di pasar ini menjual berbagai macam barang dan kebutuhan yang kalian butuhkan.

Fakta lain tentang kecamatan Sekampung Lampung Timur adalah warga yang berada di sana selalu mengadan gotong royong membersehikan desa mereka masing-masing agra terlihat rapih dan bagus di lihat.

Di kecamatan Sekampung Lampung Timur di setiap depan rumah warganya pasti di haruskan memasang lampu dengan tiang yang di sediakan oleh kawat di depan, hal ini bertujuan agar jalan yang nantinya di lewati oleh orang banyak tidak gelap dan saat orang tersebut lewat tidak terjadi kecelakaan.

Di daerah kecamatan Sekampung Lampung Timur telah banyak menyediakan toko –toko apotik yang telah banyak ditemui di setiap desanya, sehingga orang saat ingin membeli obat tidak perlu pergi ke dokter.
Disana banyak sawah yang setiap tahunnya pasti menanam padi, dan setelah itu baru menanam jagung tau yang lainnya.

Mengingat tanah yang ada di kecamatan Sekmapung Lampung Timur ini sangat subur. Di sekmapung lampung timur juga ada kebon, yang di tanami dengan pohon-pohon, biasanya pohon karet. Karena menurut mereka itu adalah aset yang sangat mengutung saat pohon tersebut sudah besar. Getah nya itu saat di jual bisa sangat mahal per kg nya. Sehingga orang di sana banyak yang lebih memilih menanam pohon karet.

Mengingat tanah yang ada di daerah kecamatan sekampung lampung timur ini bisa di katakan daerah yang subur, jadi banyak juga orang yang lebih memilih menanam sayuran, dari taneman kacang, terong, timun, cabe dan masih banyak sayuran yang lainnya.

Di daerah ini banyak juga tersedia pondok – pondok pesantren baik untuk alfiah ataupun moderen., yang nantinya juga ada yang muridnya bisa di angkat menjadi ustad ataupun ustadzah di pondok tersebut. Jika kalian ingin mengabdi di pondok tersebut. Biasa yang akan menjadi ustad ataupun ustadzah adalah orang-orang yang sudah lama mondok di situ. Dan sudah mempunyai banyak pengetahuan dan ilmu yang di miliki juga sudah banyak. Sehingga dia berminat untuk mengabdi di pindok tersebut.

Kecamatan Sekampung adalah daerah dengan kondisi jalan yang halus Jadi tidak ada kemacetan ataupun kecelakaan lagi jika jalan yang ada di daerah ini sudah bagus. Dengan  belum rata perbaikan jalan yang telah di lakukan di daerah ini di harapkan akan terus terjadi sehingga jalan yang ada di daerah ini benar –benar bagus. Dan tidak rusak lagi.

Jadi, pada dasarnya daerah kecamatan Sekampung ini adalah daerah dengan kondisi tanah yang subur, warga yang terbilang juga makmur dan juga fasilitas yang ada di daerah ini sudah lengakap. Jadi daerah kecamatan sekampung ini biasa di katakan bukan daerah terpencil. ADV (indra)
Post a Comment