Gunung Lawu, 50 Pendaki Belum Turun Dari Kawasan Puncak -->

Breaking news

Live
Loading...

Gunung Lawu, 50 Pendaki Belum Turun Dari Kawasan Puncak

Wednesday 12 September 2018

Gambar ilustrasi.
Jakarta, (MI)- Lebih dari 50 orang pendaki hingga Selasa malam belum turun dari kawasan puncak Gunung Lawu. Hal ini diungkap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra.

Ia menyebutkan sebanyak 48 orang pendaki teregistrasi dari Metesih, Karanganyar, Jawa Tengah dan satu rombongan lainnya belum diketahui berapa jumlah anggotanya. Namun, hingga Selasa malam, puluhan pendaki ini belum turun.

Sedangkan para pendaki yang melakukan ritual, hingga pukul 19.00 yang belum turun sebanyak 33 orang. Mereka melakukan pendakian melalui Cemoro Sewu (Magetan)," kata Fery, seperti dikutip Antara.

Mereka berasal dari Jawa Timur, yaitu Ngawi tujuh orang dan Sidoarjo lima orang. Sedangkan para pendaki ritual dari Jawa Tengah, di antaranya Rembang 17 orang, Boyolali tiga orang, Sidoarjo lima orang dan Semarang satu orang.

Seperti diberitakan, pengelola wisata petualang Gunung Lawu, menutup seluruh jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu kemarin (11/9) akibat kebakaran hutan. Kebakaran terjadi di sekitar jalur pendakian melalui Candi Cetho Karangnyar, Jawa Tengah.

Guna menjaga keselamatan para pendaki, petugas mengimbau seluruh pendaki yang sudah ada di kawasan puncak maupun dalam perjalanan menuju puncak untuk turun lagi.

Baca juga : KLHK Menangkan Gugatan Karhutla Dari Tiga PT

Petugas gabungan melakukan penjagaan dan pemantauan di jalur pendakian, guna mengantisipasi agar jangan sampai ada pendaki yang melakukan pendakian selama jalur ditutup. Tim gabungan antara lain dari Basarnas Pos SAR Trenggalek, Jawa Timur, BPBD Magetan, Polsek Plaosan, Koramil Plaosan. Selain itu juga Polhut, Tagana Magetan, relawan Paguyuban Giri Lawu (PGL), Anak Gunung Lawu (AGL) dan relawan Reco. cnn(*)