DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Mahasiswa Harus Aktif dan Energik

Mahasiswa Harus Aktif dan Energik

Tanjungpinang, (MI)- Gubernur H Nurdin Basirun mengajak semua mahasiswa dan mahasiswi untuk ikut andil dalam membangun Kepulauan Riau sebagai poros maritim dunia. Saah satunya adalah dengan mengerahkan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki secara aktif dan energik.

“Semua instrumen untuk mewujudkan poros maritim itu ada di Kepri, tinggal bagaimana kita mampu untuk mengembangkan sumber daya manusia sebagai roda penggeraknya,” ujar Nurdin saat memberikan kuliah umum buka semester kepada mahasiswa dan mahasiswi baru di Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) di Aula Kampus, Batu Aji, Batam, Senin (17/9) malam.

Adapun kuliah umum sendiri mengambil tema “Peran Mahasiswa di Era Revolusi 4.0 dengan Mewujudkan Kepri sebagai Poros Maritim Dunia”. Menurut Nurdin, dewasa ini, mahasiswa harus segera merubah pola pikir/mindset yang selama ini tertanam.

“Jangan hanya berfikir lulus ingin jadi pegawai apalagi honorer, ibarat pepatah banyak jalan menuju Roma maka banyak pula cara yang bisa digunakan untuk menjadikan hidup sukses di masa depan,” pesan Nurdin.

Dalam kuliah umum sendiri Gubernur secara ringkas dan padat menjelaskan tentang profil dari Kepulauan Riau, yang mana sebagai beranda NKRI dengan 98% luas wilayahnya adalah lautan juga berbatasan dengan sejumlah Negara tetangga, menurut Nurdin sudah saatnya lah bergerak untuk mengembalikan Identitasnya yakni unggul di bidang maritim.

Dalam penjabarannya, Nurdin menyampaikan Lima pilar yang harus di gaungkan dalam mewujudkan pengembangan identitas poros maritim tersebut.

“Pilar itu antara lain adalah budaya maritim, pengelolaan sumber daya laut, infrastrukur dan konektivitas, diplomasi maritim dan pertahanan maritim,” kata Nurdin.

Pemerintah Daerah, lanjut Nurdin juga telah bergerak melakukan upaya-upaya perwujudan dari tujuan tersebut, antara lain menggesa di sahkan RUU tentang Provinsi Kepulauan dan Ranperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

“Yang mana keduanya menjadi produk hukum yang akan semakin menguatkan kita dalam bergerak mengembangkan daerah Kepulauan,” tegas Nurdin.

Kuliah umum sendiri berlangsung dengan tertib dan terbuka, setelah Nurdin menyampaikan materi kuliah umum selanjutnya dibuka sesi tanya jawab.

Baca juga : Akhirnya Endang (51) Mendapatkan Bantuan Pemkot Tangsel

Hadir pada kesempatan tersebut beberapa kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri Kepala Dinas Kelautan Perikanan Edi Sofyan, Kepala ULP Misbardi, Kepala Kesbangpol Lamidi, Kabiro Humas Protokol Nilwan, Asisten 2 SyamsulBahrum,anggotaDPRD Kepri Irwansyah,  Staf Ahli Gubernur Ahar Sulaiman dan Bali Dalo.Humas. (Sp)
Post a Comment