Setnov, Siap Bantu KPK Untuk Mengungkap Kasus Bank Century -->

Breaking news

Live
Loading...

Setnov, Siap Bantu KPK Untuk Mengungkap Kasus Bank Century

Friday 14 September 2018

Jakarta, (MI)- Mantan Ketua DPR Setya Novanto mengaku siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap kasus Bank Century. Dalam pengakuannya, Novanto sempat menyebut nama mantan Menteri Sosial Idrus Marham yang tak lain adalah sahabatnya selama berata di Partai Golkar.

"Saya siap untuk bantu KPK karena dulu yang kita tunjuk, kan memang ketuanya Pak Idrus Marham. Saya langsung koordinasi dengan seluruh fraksi-fraksi, sehingga bisa memberikan rekomendasi yang baik kepada KPK," ujar Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (14/9). Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, dirinya siap membantu KPK karena memiliki sejumlah data terkait kasus korupsi Bank Century yang diklaimnya akurat.

"Jadi kalau KPK memerlukan saya sudah siap, dan siap bantu untuk KPK. Ya tentunya saya kan punya data dan fakta secara akurat yang bisa saya berikan nantinya," ucap Novanto.

Dalam  kasus pemberian dana talangan untuk Bank Century ini, KPK menduga telah terjadi kerugian negara mencapai Rp 7,4 triliun.

Kerugian itu terdiri dari Rp 689,394 miliar terkait pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan Rp 6,762 triliun akibat menetapkan Bank Century sebagai bank gagal serta dapat menimbulkan dampak sistemik.

Pada Februari 2013, KPK menetapkan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Budi Mulia sebagai tersangka atas dugaan bersama-sama melakukan perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang terkait pemberian FPJP dan penetapan Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Baca juga : Wagub Kepri Hadiri Focus Group Discusion

Baru Budi yang ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam perkara ini. Saat ini, Budi sudah dibui 15 tahun di Lapas Sukamiskin, Bandung. Namun, setelah itu, pengusutan kasus Bank Century seolah mandek. [rmol/*]