DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Raih 33 Emas Pemerintah Siapkan Rp231 Miliar untuk Bonus Atlit

Raih 33 Emas Pemerintah Siapkan Rp231 Miliar untuk Bonus Atlit

Jakarta, (MI)- Pemerintah Indonesia menyiapkan dana Rp231 miliar untuk bonus Asian Para Games 2018 yang dijadwalkan secara resmi akan diberikan langsung Presiden Joko Widodo, dilansir cnnIndonesia pada Sabtu (13/10).

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) semula hanya menganggarkan dana sebesar Rp204 miliar untuk bonus medali kontingen Merah Putih di Asian Para Games 2018.

Prestasi yang gemilang dari tim Indonesia di multi-cabang empat tahunan ini membuat pemerintah menambah jumlah dana tersebut menjadi Rp231 miliar. Dalam menyiapkan anggaran untuk bonus tersebut, Menpora Imam Nahrawi mengatakan Kemenpora RI dibantu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

"Semula kami anggarkan Rp204 miliar, tapi dengan penambahan-penambahan medali, kami sudah mencadangkan kurang lebih Rp27 miliar lagi. Bilamana masih ada tambahan pun kami revisi lagi secara internal," kata Menpora kepada para awak media di GBK Arena pada Jumat (12/10).

Adapun bantuan dari Kementerian Keuangan, Menpora mengatakan hal itu atas arahan Presiden Joko Widodo untuk mencari tambahan anggaran. Selain itu, lanjut Imam, Kemenpora juga melakukan penyisiran anggaran.

"Kementerian Pemuda dan Olahraga sendiri melakukan efisiensi seperti penyisiran dana yang belum terserap, maupun penyisiran kegiatan-kegiatan yang tidak berdampak luas buat masyarakat seperti rapat-rapat dan kunjungan-kunjungan itu dipotong untuk pemenuhan bonus itu sendiri," ucap Imam.

"Dan Alhamdulillah, kami juga mendapatkan tambahan dari Bendahara Anggaran Kementerian Keuangan. Nah ini, Alhamdulillah yang mencukupi bonus itu sendiri," ujar Imam.

Baca juga : Presiden KSPI Said Iqbal, Diperiksa Polisi

Hingga Jumat malam, Indonesia mengumpulkan 33 medali emas, 42 medali perak, dan 48 medali perunggu. Perolehan medali tersebut menempatkan tim Merah Putih di peringkat keenam dalam klasemen sementara Asian Para Games 2018. "Prinsipnya adalah berikanlah bonus sebelum keringat [atlet] kering," ujar Imam. []
Post a Comment