DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Wakil bupati Lamtim Hadiri Pin DesKel 2018

Wakil bupati Lamtim Hadiri Pin DesKel 2018

Lamtim, (MI)- Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari hadiri pembukaan acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna XX serta Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PinDesKel) Tahun 2018 yang dipusatkan di Kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jum’at (19/10/2018).

Selain Zaiful, pada acara yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo itu, hadir pula menemani Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lampung Timur, Syahrul Syah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Lampung Timur, Puji Riyanto, serta Kepala Bagian Humas Setdakab Lampung Timur, Mujianto.

Untuk diketahui, acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD), Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) untuk mencari pencipta kreasi dan inovasi di daerah dalam pengembangan teknologi.

Pemanfaatan teknologi tepat guna diharapkan dapat mendorong masyarakat setempat untuk berkreasi sehingga produk daerah memiliki nilai dan daya saing tinggi.
Pada acara yang berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 19 sampai dengan 21 Oktober tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menampilkan 3 jenis produk yakni mesin penggiling sampah plastik seperti plastik oli, plastik atom, sampah plastik gelas mineral, dan lain sebagainya. Selain itu ada pula mesin pembuat keripik dan mesin penggiling kotoran ternak untuk dijadikan pupuk kompos, mesin-mesin tersebut berasal dari Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) Desa Hargo Mulyo, Kecamatan Sekampung.

Baca juga : Ketegangan, G20 Sepakat Perbaharui Sistem Perdagangan Internasional

Adapun acara yang diisi dengan pameran inovasi desa dan kelurahan se-Indonesia yang menampilkan produk-produk lokal berteknologi tepat guna tersebut, dilakukan pula Penyerahan Penghargaan Juara Lomba Desa dan Kelurahan, Penyerahan Penghargaan PKK Tingkat Provinsi, Pemenang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna, Posyantek Berprestasi Tingkat Nasional serta Lomba Logo Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional tahun 2018.[]
Post a Comment