DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Pemkab Barito Utara Selenggarakan Bursa Inovasi Desa

Pemkab Barito Utara Selenggarakan Bursa Inovasi Desa

Barito Utara, (MI) - Program inovasi desa sebagai upaya meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa. Dalam jangka menengah dengan mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejateraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa.

Salah satu rangkaian program tersebut diimplementasikan dalam bentuk Bursa Inovasi Desa (BID) ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Barito Utara pada, Senin (26/11/2018). di Gedung Pertemuan Balai Antang Muara Teweh. Acara ini melibatkan seluruh Kades, BPD dan Tokoh Masyarakat masing-masing desa se Barito Utara sebanyak 437 peserta.

Sambutan Bupati Barito Utara pada saat pembukaan yang di bacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, mengatakan bahwa Program inovasi desa sangat membantu desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta menerapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Selanjutnya dikatakan, maksud dari pelaksanaan bursa inovasi desa yaitu untuk untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

"Saya berharap melalui kegiatan bursa inovasi desa di Kabupaten Barito Utara ini, akan menjadikan pelaku dan pemangku kepentingan yang terkait dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa,". lanjut Sugianto.

Acara yang diselenggarakan sehari ini mempamerkan kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa di Barito Utara.

Hadir pada peresmian pembukaan beberapa pejabat Pemkab Barito Utara diantaranya Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda Kepala Perangkat Daerah dan Camat se- Barito Utara. (Yan)
Post a Comment