Kemenhub tetapkan Bandara Radin Inten II berstatus Internasional -->

Breaking news

Live
Loading...

Kemenhub tetapkan Bandara Radin Inten II berstatus Internasional

Wednesday 26 December 2018


Jakarta, (MI)- Bandar Udara Radin Inten II lampung Saat Ini Ditetapkan Menjadi Bandara Internasional, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) per 18 Desember telah menetapkan Bandara Radin Inten II berstatus Internasional, (26/12).

Penetapan itu berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 2044 Tahun 2018 tanggal 18 Desember 2018 yang ditanda tangani oleh  Menteri Perhubungan Budi Karya Samadi. Melalui keputusan tersebut, Kementerian Perhubungan meminta otorita Bandara Radin Inten II untuk memenuhi semua persyaratan keselamatan, keamanan, dan pelayanan sebagai bandara Internasional.

Dan  menyediakan unit kerja serta personel yang bertanggungjawab untuk kepabeanan, keimigrasian, dan kekarantinaan. Kemudian, berkoordinasi untuk kelancaran dan ketertiban pada bandara internasional melalui Komite Fasilitasi (FAL) Bandara. Terakhir, meminta penyampaian informasi di dalam Aeronautical Information Publications (AIP) mengenai perubahan status Bandara Radin Inten II sebagai bandara internasional.

Peningkatan itu juga ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat berkunjung ke Lampung pada 23-25 November 2018. Saat itu, Presiden meminta agar dalam tempo secepat-cepatnya status internasional Bandara Radin Inten II ditetapkan.

Terkait penetapan ini, Kepala Bandara Radin Inten II, Asep Kosasih Samapta mengatakan akan  segera membuat Tim Kelompok Kerja (Pokja) Internasional untuk menindaklanjuti keputusan itu. "Koordinasi intensif dengan pusat akan segera dilakukan termasuk pembentukan FAL," kata Asep, Selasa (25/12/2018).

Meskipun demikian, kata Asep, pihaknya masih menunggu salinan resmi Keputusan Menteri itu dari Biro Hukum Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. "Kami bersyukur atas peningkatan status ini. Semoga bermanfaat untuk masyarakat Lampung," ujarnya.
(Toni RR)