Kapolres Melawi Pimpin Apel Gelar Pasukan “Operasi Liong Kapuas dan pengamanan perayaan Imlek 2570 dan cap Go Meh 2019 -->

Breaking news

Live
Loading...

Kapolres Melawi Pimpin Apel Gelar Pasukan “Operasi Liong Kapuas dan pengamanan perayaan Imlek 2570 dan cap Go Meh 2019

Monday 4 February 2019


Melawi Kalbar, (MI)- Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si memimpin langsung Apel Gelar Pasukan “Operasi Liong Kapuas 2019”, di Lapangan Bhayangkara Mapolres Melawi, Senin (4/2/2019) pagi.

Apel Gelar Pasukan ini dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2570 dan cap Go Meh 2019 di Wilayah Hukum Polres Melawi.

Kapolres Melawi saat menjadi Inspektur Apel Gelar Pasukan “Operasi Liong Kapuas 2019” membacakan Amanat Kapolda Kalbar Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H.

“Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan seluruh personil pengamanan, kelengkapan sarana dan prasaraana pendukung lainnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mensukseskan agenda nasional dan daerah yang aman serta kondusif,” sampainya.

“Kita harus berbangga sebagai warga Kalimantan Barat yang kaya akan budaya dan terbiasa hidup dalam keberagaman. Kita harus berbangga bahwa Kalimantan Barat dengan berbagai potensinya, kita bisa menunjukkan kepada dunia bahwa masih dapat hidup rukunsebagai Bangsa yang beradab. Dinamika politik keamanan global , regional, serta nasional sama – sama kita antisipasi dan cekal untuk tidak ikut terjadi terjadi disini (Kalimantan Barat),” tegasnya.

“Semangat Berbhineka seperti inilah yang harus terus kita terapkan dan wariskan kepada anak cucu kita. Semangat untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan inilah yang harus kita junjung tinggi dalam kehidupan sehari – hari. Semangat untuk senantiasa bersenergi dan harmonis dalam menciptakan dan memilihara kamtibmas seperti inilah yang harus kita contohkan kepada dunia,” katanya.

“Keberhasilan Operasi Liong Kapuas tahun lalu 2017 berbanding 2018 (Polda Kalbar dan Jajaran), penurunan pada angka kejahatan dari 182 kasus pada 2017, pada tahun 2018 dapat ditekan menjadi 167 kasus, turun 15 kasus (8,2%). Selanjutnya secara keseluruhan untuk kasus menonjol terjadi penurunan dari 53 kasus ditahun 2017, turun 13 kasus menjadi 40 kasus ditahun 2018 (24,5%). Begitu juga untuk pelanggaran lalu lintas selama Operasi Liong Kapuas 2017/2018 mengalami penurunan dari 1311 kasus tahun 2017 menjadi 1270 kasus ditahun 2018 turun 41 kasus (3,13%),” ungkapnya.

Lebih jauh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si menyampaikan “Operasi Kewilayahan ini dilaksanakan selama 17 hari, Dimulai tanggal 4 – 20 Februari 2019, Polres Melawi melibatkan 87 personil dan ditambah kekuatan dari Instansi lainnya tentu dari rekan kami TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi (Dishub dan PolPP). Adapun Operasi Kepolisian Kewilayahan “Ops Liong Kapuas 2019” ini bersifat terbuka yang didukung dengan pengamanan tertutup dan yang menjadi sasaran pengamanan meliputi seluruh masyarakat yang melaksanakan (Imlek dan Cap Go Meh), serta masyarakat yang beraktifitas baik berbelanja dan berwisata, tuturnya.

“Sedangkan Kegiatan yang harus diamankan meliputi Ibadah Imlek dan Cap Go Meh di Vihara dan Klenteng, Parade Lentera, Parade Tatung, Arus Mudik / Balik, Perbelanjaan, Rekreasi dan Aktifitas masyarakat rutin, Ada suatu hal yang perlu diingatkan kepada seluruh peserta Apel Gelar Pasukan pada saat ini, senantiasa mewaspadai dan mengantisipasi gesekan – gesekan yang mungkin akan timbul, terlebih Ketika sedang berlangsungnya Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, karena bertepatan dengan Agenda Politik Nasional yaitu Pilpres dan Pileg tahun 2019 ini,” pesan Kapores Melawi.

Nampak juga dideretan tamu undangan yang hadir Asisten I Kabupaten Melawi yang mewakili Bupati Melawi, Kasi Dishub Kabupaten Melawi yang mewakili Kadis Dishub Kabupaten Melawi, Dan Sub Den Pom Melawi, Danki Yonif 642 Kapuas, Danramil Nanga Pinoh, Kasat PolPP Kabupaten Melawi, Perwakilan dari Dinas BPBD Melawi, Perwakilan dari Pemadam Kebakaran, Perwakilan dari masyarakat Tiong Hoa dan Pejabat Utama Polres Melawi.

Pasukan peserta upacara terdiri dari Pleton Koramil, Pleton Kompi Yonif 642 Kapuas, Pleton Sabhara Polres Melawi, Pleton Personil Sat Lantas, Pleton Gabungan Staf Polres Melawi dan Polsek, Pleton Sat Intelkam Polres dan Sat Reskrim, Sat Narkoba dan Sat Tahti, Pleton PolPP Kabupaten Melawi, Pleton Dinas Perhubungan Kabupaten Melawi, Pleton Saka Bhayangkara, Pleton PKS, Pleton Pemadam Kebakaran dan Pleton Barongsai Kabupaten Melawi.(JH/ Frans)