DESKRIPSI GAMBAR

Channel Investigasi

Petani Jabung Khawatirkan Pembangunan Ferrocement Yang Terkesan Kurang Berkualitas

Petani Jabung Khawatirkan Pembangunan Ferrocement Yang Terkesan Kurang Berkualitas


Lamtim, (MI)- Terkait dengan pemberitaan pembangunan talang saluran air  (ferrocement) milik balai besar wilayah Sungai Mesuji -Sekampung di Jabung yang terkesan kurang rapih (tertata apik/red), yang  saat ini sedang dikerjakan oleh rekanan yang beberapa waktu lalu dirilis oleh media beberapa media online (28/02).

Warga setempat yang mayoritasnya sebagai petani dan tidak mau dimuat namanya (petani/red) berharap dan meminta kepada dinas instansi terkait untuk meningkatkan pengawasan  terhadap kinerja para tenaga kerja yang sedang mengerjakan pembangunan proyek tersebut, karena petani mengkhawatirkan kurang rapihnya pekerjaan tersebut akan berdampak kepada mutu dan kualitas pekerjaan itu sendiri.

"Kami berharap kepada dinas instansi terkait untuk dapat meningkatkan mutu dan kualitas pengerjaan ini " harap beberapa warga petani yang enggan menyebutkan jati dirinya ketika berbincang-bincang dengan awak media ini beberapa waktu lalu.

Warga tani juga mengatakan apabila pekerjaan tersebut kurang rapi agar sekiranya bisa ditegur, dan diperintahkan untuk melakukan perapihan. Hal tersebut untuk menjaga mutu dan kualitas pekerjaan itu sendiri agar tetap terjaga dengan baik, memenuhi standar proyek yang ditentukan saat pengambilan yang ada di RAB nya.

Masih menurut para petani, tidak menutup kemungkinan kurang rapihnya pekerjaan tersebut diduga akan berdampak berkurangnya mutu serta kualitas pekerjaan talang air tersebut.

"Kami mengkhawatirkan belum rapihnya pekerjaan tersebut akan membawa dampak berkurangnya mutu serta kualitas pekerjaan proyek ini sehingga akan menimbulkan kerugian bagi para petani sebagai penerima manfaat atas dibangunnya proyek ini" imbuh mereka.

Selain itu juga warga meminta kepada media dan LSM untuk membantu warga mengawasi pembangunan proyek tersebut serta menindak lanjuti apabila menemukan adanya indikasi kejanggalan dan lainnya, pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut.

"Kami warga meminta kepada media dan LSM untuk dapat membantu kami mengawasi Pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut dan menindak lanjuti  apa bila menemukan ada nya indikasi kejanggalan dalam proses  pengerjaan proyek tersebut."pungkas mereka .

Sementara itu beberapa awak media dan LSM yang berhasil dijumpai oleh awak media ini, dilapangan dan mengatakan bahwa mereka dari Lembaga dan media akan terus membantu warga setempat mengawasi jalannya pengerjaan proyek tersebut sampai dengan selesai dan menindak lanjuti dengan melaporkan kepihak berwajib polisi dan kejaksaan apa bila menemukan indikasi kejanggalan dalam proses pengerjaan proyek tersebut.

"Kami dari lembaga dan media akan membantu warga untuk mengawasi jalannya pembangunan proyek ini dan menindak lanjuti bila menemukan dugaan atau indikasi kecurangan  dalam pemgerjaan proyek ini"pungkas mereka. [Red/tn]