Bupati Hadiri Apel Gelar Pasukan PAM Pemilu 2019 -->

Breaking news

Live
Loading...

Bupati Hadiri Apel Gelar Pasukan PAM Pemilu 2019

Friday 22 March 2019


Lumajang, (MI)- Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML. (Cak Thoriq), menghadiri Apel Gelar Pasukan  Pengamanan Pemilu tahun 2019, di Stadion Semeru Kabupaten Lumajang, Jum'at (22/3/2019) pagi.

Apel tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolres Lumajang, AKBP. Dr. Muhammad Arsal Sahban, SH. MH. S.I.K., didampingi Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol. Inf. Ahmad Fauzi, SE. 

Apel Gelar Pasukan Penfamanan Pemilu 2019 bertemakan "Tingkatkan Sinergiritas TNI - Polri dengan Komponen Bangsa lainnya guna Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri (Kamdagri) yang Kondusif".

Dalam amanatnya, Komandan Kodim 0821 membacakan sambutan tertulis Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI, Wiranto. Pada intinya,  pemilu 2019 merupakan pesta demokrasi yang dilakukan serentak oleh Bangsa Indonesia. Sukses tidaknya pesta demokrasi tergantung pada perangkat pemilu serta peran serta masyarakat. 

Hal itu, dapat dijadikan kesempatan berharga untuk memilih calon legslatif yang akan mewakili penyampaian aspirasi rakyat dan kesempatan secara langsung memilih pemimpin Nasional.

"Pesta demokrasi bukanlah ajang untuk membenturkan pemimpin, melainkan memilih pemimpin nasional yang  nantinya akan membawa Indonesia ke masa yang lebh baik," jelasnya.

Lebih jauh, dijelaskan bahwa Apel gelar pasukan ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia, pada apel gelar pasukan tahun 2019 ini jumlah total 453.133 orang dan untuk Kabupaten Lumajang sendiri berjumlah 700 orang, didudukung dengan kekuatan alutsista sesuai dengan potensi kerawanan yang ada jumlah kekuatan TNI - Polri ini cukup besar,  agar menciptakan keamanan yang terintegritas. 

Dandim berpesan agar selalu menjalin sinergitas antar unsur Pemerintah, TNI - Polri dan seluruh komponen masyarakat, segera kenali dan temukan serta netralisir potensi kerawanan yang bisa  menggangu pelaksanaan pemilu serentak. 

"Tindak tegas sesuai aturan hukum kepada pihak yang mencoba menggangu kelancaran pemilu serentak. Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus mampu ikut menenangkan masyarakat agar tudak resah dengan berita - berita Hoax," pesannya.

Usai melaksanakan apel gelar pasukan, Bupati Lumajang, Kapolres dan Dandim menyerahkan secara simbolis alat komonukisai / HT kepada Forkopimca Kecamatan Kunir. Setelah itu, dilanjutkan dengan menyaksikan pelaksanaan simulasi pengamanan pemilu oleh gabungan TNI POLRI dan Pemerintah Kabupaten Lumajang di Halaman Parkir Stadion Semeru (had).