Baca konten viral kami di BABE

DESKRIPSI GAMBAR    
Pasca Bentrok Lamteng, Edward Syah Pernong Ajak Masyarakat Lampung Jaga Kondusifitas

Pasca Bentrok Lamteng, Edward Syah Pernong Ajak Masyarakat Lampung Jaga Kondusifitas


Lampung Tengah, (MI)- Menyikapi persoalan pasca bentrok antar warga di Kec. Bumiratu Nuban, Kab. Lampung Tengah (Lamteng) pada Jum’at kemarin. Tokoh Masyarakat Lampung SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak yang di pertuan ke 23 mengajak masyarakat untuk menjaga suasana yang kondusif di Bumi Lampung.

Pangeran Edward kerajaan adat Paksi Pak Sekala brak Kepaksian Pernong Lampung itu tidak tergesa-gesa dalam memutuskan masalah baik dalam hal hukum, kebijakan dan sebagainya hingga jelas benar permasalahannya.

“Seluruh minak muakhi, wakhei sekelik, panglima, bahattur, hulubalang, temenggung, indai kanca. Situasi saat ini sedang akan pileg dan pilpers, sudah ada perdamaian oleh pemda dan juga dipimpin penyimbang dan tokoh adat setempat, dan juga sudah ada permintaan agar perkara terus di usut dan secara normatif proses hukum akan harus berjalan,” ucapnya, Minggu (17/3/2019).

Menurutnya, penguatan rasa kepedulian antar sesama wajib adanya, namun upaya menahan diri dan menciptakan situasi yang aman dan damai pun wajib dilakukan masyarakat.

“Jadi kita wajib untuk selalu menguatkan rasa perduli dan persaudaraan, namun juga untuk sama-sama mengingatkan kita agar saat ini kita wajib menahan diri, dan harus ikut menjaga hajat nasional yang akan segera tergelar, jangan sampai tercabik bingkai persaudaraan kita,” kata Dia.

Pria yang akrab disapa Pun Edward itu meminta masyarakat adat untuk bersabar dengan menahan emosi agar tercipta suasana kondusif menjelang pemilu di Bumi Ruwai Jurai.

“Bahwa kalian harus bisa menahan dan menjaga emosi dan menahan gejolak emosi dengan kesabaran karena ada hal yang lebih penting yang harus kita perjuangkan secara bersama. Kita juga harus saling mendinginkan satu sama lain, karena saat ini masalah itu sedang ditangani oleh apaarat,” tuturnya.

Mantan Kapolda Lampung itu juga berharap penegak hukum segera mencari otak pelaku kerusuhan. Pihaknya juga memberi kesempatan aparat penegak hukum memprosesnya dengan tegas.

“khusus nya saat ini kita sedang akan menghadapi hajat besar bangsa, jadi jangan kita cederai moment ini. Oleh sebab itu sosialisasikan hal yang saya sampaikan ini ke tingkat bawah dan jangan hanya di tingkat elit. Agar kita bersama menjaga situasi ini, kita prihatin, dan kita sayang dengan kerabat keluarga besar kita, tapi kita juga patuhi hukum dan selalu berusaha mengedepankan jalan keluar yang baik. Kita dukung aparat agar memprosesnya dan kita dukung aparat kepolisian agar susana kamtibmas kondusif, hati boleh panas tetapi kepala kita tetap harus dingin,” tandasnya.[MI/yudi.]