Chanel Investigasi

Wabup Lumajang, Jaga Kondusifitas Desa

Wabup Lumajang, Jaga Kondusifitas Desa


Lumajang, (MI)- Semua pihak harus berupaya menjaga kondusifitas wilayah desa, dalam menghadapi penyelenggaraan Pilkades serentak.  Para Kades harus dapat mengendalikan masa pendukungnya, 19 Maret 2019.

Hal itu disampaikan, Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., (Bunda Indah), saat membuka Bimtek Persiapan Akhir Masa Jabatan Kepala Desa Bagi Kepala Desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), di Aula BKD Kabupaten Lumajang, Selasa (19/3/2019) pagi.

Wakil Bupati  yang akrab disapa dengan panggilan Bunda Indah tersebut menyampaikan, bahwa tahun 2019 ini adalah tahun politik. Selain Pemilu Presiden dan Legislatif, ada Pilihan Kepala Desa serentak. 

Pllkades adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Wabup mengingatkan, agar camat berperan aktif melakukan fasilitasi kepada BPD, Kepala Desa dan Inspektorat dalam tahapan Pilkades, khususnya terkait pemeriksaan akhir masa jabatan Kepala Desa. Sebab, sesuai ketentuan, kecamatan nantinya membentuk panitia pengawas.

"Diharapkan semua pihak berupaya menjaga kondusifitas wilayah dalam penyelenggaraan Pilkades serentak. Para Kades harus dapat mengendalikan masa pendukungnya," himbau wabup.

"Kami akan terus melakukan peningkatan pembinaan kepada desa, melalui OPD-OPD yang tugas dan fungsinya melakukan pembinaan administrasi di pemerintahan desa," tambahnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Lumajang, Isnugroho, S.Sos., berharap sebelum masa jabatan Kades berakhir agar menyiapkan administrasi LPJ Kades selama menjabat.  

Untuk itu ketersediaan dokumen ketika para pemeriksa dari inspektorat hadir di desa sangatlah menentukan. "Kami mohon dengan hormat kepada para camat untuk melakukan pemantauan,” pesannya (had)