Baca konten viral kami di BABE

DESKRIPSI GAMBAR    
Gubenur Jawa Timur Panen Melon Bersertifikasi Prima 3

Gubenur Jawa Timur Panen Melon Bersertifikasi Prima 3

              
Sidoarjo, (MI)- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa di dampingi Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad SH, Dinas Pertanian dan Paguyuban Petani Melon Kabupaten Tuban, menghadiri acara panen Melon yang berada di Agro Lebo kecamatan Suko, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (15/05/2019).

Pengembangan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura merupakan Salah satu UPT BLUD di bawah dinas Pertanian dan Ketahanan Pagan Provinsi Jawa Timur. PATPH pada awalnya berupa kebun yang menjadi pusat study pengembangan Agribisnis Hortikultura, Sehingga disebut dengan ‘PUSPA LEBO’ yang diresmikan oleh Bapak Gubernur Imam Utomo pada Tahun 2006.

Sesuai dengan Pergub Tahun 2018 tentang Nomenklatur susunan organisasi uraian tugas dan fungsi serta tata kerja unit pelaksana teknis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

UPT PATPH dikendalikan oleh seorang Kepala UPT dengan tugas dan fungsi diantaranya adalah pelaksanaan pengembangan teknologi bidang Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultural, Terdapat beberapa jenis pelayanan publik yang dilakukan oleh UPT PATPH yaitu uji tanah, Edukasi pertanian melalui Agrowisata magang atau Praktek kerja lapangan bagi pelajar dan Mahasiswa Dan jasa konsultan Agribisnis.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa mengantakan, dalam rangka pengembangan teknologi dan percontohan diantaranya dikembangkan teknologi pertanaman Melon di Kebun Lebo Sidoarjo dengan berbagai bentuk yaitu ada yang Bulat, Kotak, dan Hati.

Pertanaman tersebut dilakukan secara modern yaitu di dalam Screen House dilengkapi dengan irigasi Tetes. “Sehingga menghemat biaya pengairan dan mengurangi penggunaan pestisida Kimia. Dengan Screen House seluas -+ 3.200 meter persegi dengan jumblah tanaman sebanyak 3.412 Tanaman, Pertanaman dimulai pada Tanggal 11 Maret 2019 dan saat ini sudah siap untuk dipanen,” urainya.

Melon dibudidayakan dengan berpedoman pada standar oprasional prosedur budidaya yang baik, sehingga produk Melon UPT PATPH memperoleh Sertifikasi Prima 3. Dalam pemasaran Melon PATPH sudah bermitra dengan Pasar modern yaitu Toko Buah Hokky, Trasmart dan CV. Sewu Segar. Disamping itu juga terdapat Pelanggan setia Lainya yang terdiri dari Karyawan Kantor, Guru dan Ibu Rumah Tangga.

“Kebun Lebo juga menjadi tempat edukasi bagi yang ingin belajar tentang pertanian dan juga menjadi tempat Agrowisata yang banyak dikunjungi oleh Pelajar dan mahasiswa serta masyarakat Umum. Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan Agrowisata di area kebun Lebo juga dilengkapi dengan fasilitas Outbound,” Pungkasnya.(madi)