BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR  
Sampah Bulan Ramadhan Sudah Di Antisipasi DLH

Sampah Bulan Ramadhan Sudah Di Antisipasi DLH

Penambahan Volume Sampah Di Bulan Ramadhan Sekitar Kecamatan Tanjungpandan Sudah Di Antisipasi Oleh DLH.

Belitung, (MI)- Kerja ekstra bagi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung terutama di Bidang Pengolahan sampah dan B3 serta Satgas LEBAH, dikarenakan Volume sampah di Kabupaten Belitung selama Ramadhan 1440 H/2019 M meningkat dari sekitar 30 ton perhari menjadi sekitar 50 ton perhari.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Edi Usdianto (15/05/2019) diruangan kerjanya mengatakan, volume sampah di beberapa titik pembuangan sementara sampah yang ada di pasar serta dibeberapa kelurahan di kabupaten Belitung mengalami peningkatan selama bulan puasa ini.

"Ada peningkatan hari biasa yang biasanya normal 30 ton perhari, sekarang hampir bulan ramadan hampir 50 ton, peningkatan tersebut tidak hanya dipasar melainkan di beberapa titik yang ada di kelurahanpun demikian, sehingga jumlah angkutanpun bertambah.

"Permasalahan sampah selama bulan ramadhan ini ade beberapa yang kita perhatikan, seperti di kantor lurah Parit dengan kantor Lurah Tanjungpendam itu kelihatan signifikan, kadang 1 hari kita bisa 3x angkut selama bulan puasa karena kalau hari biasanya hanya 1 hingga 2x angkut perhari." Ucap Edi Usdianto.

"Ada beberapa titik baru yang akan kami antipasi nantinya, seperti di pasar dadakan dan pasar bazar dalam menyambut Idul Fitri ini yang akan kita lakukan antisipasi permasalahan sampah ini seperti tahun-tahun kemaren.

"Dalam hal ini kita antipasi khususnya nanti dipasar dadakan Tanjungpandan akan kita stanbykan 5 mobil pengangkut sampah disanak, dan di H-3 itu volume angkut sampah bisa mencapai 5 sampai 6 rit, dihari biasa pengankutan cuman 1 rit dipasar itu maksimal 2 mobil." Tegasnya.

"Dalam bulan puasa seperti ini, adapun jenis sampah yang dominan menyumbang besar tingginya volume sampah di bulan ramadan ini, yaitu sampah yang berasal dari rumah tangga atau sehari-hari.

"Dikarenakan sampah rumah tangga yang paling banyak penambahan volumenya, Karena masyarakat di bulan puasa ini banyak yang melakukan aktifitas memasak disore hingga malam hari." Ucap PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung ini.
(Lucky)