Safari Haji, Berikan Dukungan Moral Dan Doa Bagi CJH -->

Breaking news

Live
Loading...

Safari Haji, Berikan Dukungan Moral Dan Doa Bagi CJH

Thursday 13 June 2019


Probolinggo, (MI)- Menjelang meminta Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo ke Tanah Suci, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar safari haji ke pemerintah pemerintah di Pemkab lingkungan Probolinggo yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini, Rabu (12/6 / 2019) hingga Senin (24/6/2019) mendatang.

Safari haji ini dipimpin langsung oleh Bupati Probolinggo Hj P. Tantriana Sari, SE didampingi sebagai anggota Komisi VIII DPR RI Drs H Hasan Aminuddin M.Si dan Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo H. Santoso dan juga Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kegiatan safari haji yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan moral dan doa untuk CJH. Safari haji yang dilaksanakan sejak tahun 2003 ini telah menjadi agenda rutin Pemkab Probolinggo untuk mendoakan calon tamu Allah sekaligus mempererat jalinan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah.

Safari haji ini diawali di kediaman Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono di Jl. Citarum Kota Probolinggo dan Kasi Tanaman Perkebunan Tahunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo Suyitno di Jl. Serma Abd. Rahman Kota Probolinggo, Rabu (12/6/2019).

Dalam sambutannya anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si mengungkapkan maksudnya diundang untuk memperolah barokah Mekah dan Madinah dari para calon tamu Allah dan Rasulullah. Pasalnya CJH ini memiliki magnet dan daya tarik yang luar biasa.

“Safari haji ini dimaksudkan sebagai dakwah dan jihad sekaligus syiar tentang haji. Karena banyak orang islam yang rejekinya dilebihkan tetapi lupa hajinya sampai meninggal dulu, ”katanya.

Kepada CJH yang akan berangkat menunaikan ibadah haji Hasan Aminuddin berpesan agar membawa 20 sarung dan ditaruh di 2 (dua) masjid Mekkah dan Madinah masing-masing 10 sarung. Nantinya sarung tersebut dapat diberikan kepada orang muslim yang bekerja di sana, seperti layanan kebersihan di masjid.

“Marilah kita saling mendoakan baik kepada keluarga dan anak cucu 7 (tujuh) turunan, teman, tetangga, saudara dan orangutan yang ikut menghantarkan haji,” tegasnya.

Lebih lanjut Hasan menunggu agar ibadah haji ini dilaksanakan dengan niat ikhlas lahir dan batin untuk mencari ridho dari Allah. Lakukan tahap demi tahap ibadah haji dengan baik. Bacalah doa yang sudah dihafal karena tidak ada bacaan wajib yang menggugurkan ibadah hajinya.

“Mabrur bukan saat berada di Mekah dan Madinah, tapi setelah pulang ke kampung halaman. Bagaimana ibadahnya meningkat dari sebelum menunaikan haji. Perbanyak di masjid dan bukan di hotel. Semoga diberi sehat oleh Allah, pulang dan pulang sehat dan menjadi haji mabrur. Jaga ibadah sholat lima waktu dengan baik, ”pungkasnya.

Selanjutnya safari haji juga dilakukan di beberapa lokasi. Diantaranya, di kediaman Kabid Pemeliharaan Dinas Lingkungan Hidup Zaenal Ansori di Desa Karangpranti Kecamatan Gending, guru SMAN 1 Kraksaan Mochammad Naseh di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Kraksaan Supono di Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan, Kamis (13/6/2019).

Lalu, di kediaman Perawat Penyelia Puskesmas Wonomerto Ismun di Desa Muneng Kidul Kecamatan Sumberasih, Kepala Desa Ledokombo Kecamatan Sumber Ngatari, Senin (17/6/2019). Berlanjut di staf kediaman Bagian Administrasi Kesra Moh. Mustofa di Desa Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar dan Kasi Pemerintahan, Kecamatan Wonomerto, Khusnul Khotimah di Desa Kedungsari, Kecamatan Maron, Selasa (18/6/2019).

Kemudian di kediaman Kasubbag Umum Sekretariat DPRD Ninik Yulia di Desa Krucil Kecamatan Krucil dan Kepala Desa Bremi Kecamatan Krucil Yusup, Rabu (19/6/2019). Dibuka di Pedi Kepala Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih Sukriyanto, Bidan Desa Sumendi Kecamatan Tongas Nurul Qomariyah dan Kepala SDN Bayeman II Kecamatan Tongas Sunarmo di Desa Wringinanom Kecamatan Tongas, Kamis (20/6/2019).

Terakhir di kediaman Kepala Desa Condong Kecamatan Gading Jasuri dan Kabid Kajian Strategis di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Probolinggo Nurahman di Desa Wangkal Kecamatan Gading, Senin (24/6/2019).

Kegiatan safari haji oleh Pemkab Probolinggo ke beberapa titik ini akan ditutup dengan selamatan diterima CJH Kabupaten Probolinggo di Pendopo Kabupaten Probolinggo. ***
(Had)