Tingkatkan Kecerdasan Anak: 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak -->

Breaking news

Live
Loading...

Tingkatkan Kecerdasan Anak: 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

Sunday 2 June 2019


Jakarta, (MI)- 
Tidur siang bagi anak-anak tak hanya untuk mengistirahatkan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Bahkan, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of Pennsylvania mengungkap, tidur siang bisa meningkatkan prestasi sekolahnya.


Kesimpulan ini didapat pada penelitian yang diikuti oleh 3.000 anak-anak yang tidur siang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin tidur siang lebih sedikit mengalami masalah perilaku dan prestasi akademiknya lebih baik di antara manfaat lainnya.

Namun terlepas dari ini, ada berbagai manfaat kesehatan lainnya dari tidur siang. Berikut manfaat tidur siang bagi anak dilansir thehealthsite.

1. Tingkatkan kreativitas


Sebelum anak Anda belajar aktivitas baru atau bahkan untuk kelas bahasa, pastikan ia tidur siang sebelum menghadiri kelas itu. sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biological Physiology menyebutkan bahwa otak anak yang tidur siang dapat mencatat pembelajaran motorik yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.


2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Tidur siang dapat mengurangi hormon stres seperti kortisol dan neuroendokrin di dalam tubuh yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda.


3. Meningkatkan stamina


Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sports menjelaskan bahwa tidur siang selama 30 menit sebelum aktivitas fisik yang intens dapat meningkatkan tingkat stamina. Ini dapat meningkatkan kinerja anak Anda.

4. Meningkatkan daya ingat

Jika ingin meningkatkan kinerja akademis anak Anda, pastikan ia tidur setengah jam di siang hari. Studi menunjukkan bahwa tidur siang di siang hari dapat meningkatkan retensi memori asosiatif.

5. Menyebabkan suasana hati yang lebih baik

Ketika kurang tidur, kita menjadi mudah kesal. Hal yang sama juga berlaku pada anak. Penelitian juga menyebutkan bahwa anak-anak yang tidak tidur siang lebih cenderung kurang bahagia dan memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap peristiwa yang membuatnya frustrasi.

Itulah lima manfaat tidur siang bagi anak yang harus diketahui para orangtua, semoga bermanfaat. ***

(min/sd)