Baca konten viral kami di BABE

DESKRIPSI GAMBAR    
Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak, Gelar Do'a Bersama: Penyelamatan Laut

Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak, Gelar Do'a Bersama: Penyelamatan Laut


Lombok Timur, (MI)- Warga Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak menggelar doa bersama untuk menyelamatkan laut karena selama ini hasil tangkapan masayarakat desa Tanjung Luar dan desa yang lainnya yang berada di sekitaran pesisir pantai Tanjung Luar kecamatan Keruak kabupaten Lombok Timur sudah mulai berkurang sehingga masayarakat dan tokoh adat, tokoh masyarakat dan muspika desa Tanjung Luar hadir dalam doa bersama tersebut, (11/07).

Harapan masyarakat pesisir Tanjung Luar semoga dengan telah selesainya doa bersama tersebut hasil tangkapan mereka menjadi melimpah.

Selama berlangsungnya acara penyelamatan laut tersebut warga Desa Tanjung Luar tidak di perbolehkan turun melaut, selama tiga hari kedepan sehingga setelah tiga hari mereka turun maka akan mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah aku salah satu warga desa Tanjung Luar (Daen Lin) salah satu warga desa Tanjung Luar yang tidak mau dipublikasikan namanya.


Acara doa bersama di pusatkan di dusun Toroh demikian juga pada tahun-tahun yang terdahulu tetap di laksanakan di dusun Toroh imbuhnya.

Sedangkan di tempat terpisah ketika awak media menghubungi kepala Desa Tanjung Luar, Muktiali di ruang kerjanya  (11/7) membenarkan hal tersebut bahkan setiap dua tahun sekali setelah selasai doa bersama ada acara sakral yang di laksanakan yang di mana "masyarakat Desa Tanjung Luar meyembelih kepala kerbau lalu di sembahkan ke laut sebagai ungkapan rasa sukur masyarakat desa Tanjung Luar atas hasil laut yang melimpah" tuturnya.

Kades  juga menjelaskan "setiap kegiatan yang sipatnya  budaya dirinya meminta kepada donatur dan para pihak yang merasa peduli terhadap nilai-nilai luhur kearipan budaya  lokal dan mendatangkan wisatawan untuk melihat langsung prosesi budaya yang sakral tersebut dan di bantu penganggarannya melalui desa" imbuhnya. ***
(kam/one)