BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR  
Ketahui, Jenis Kanker yang Diderita Almarhum Sutopo

Ketahui, Jenis Kanker yang Diderita Almarhum Sutopo

Gambar ilustrasi.

Jakarta, (MI)- Berpulangnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, 7 Juli 2019 kemarin, menyisakan duka mendalam bagi seluruh warga Indonesia. Semasa hidupnya Sutopo dikenal sebagai sosok yang ramah, gigih, dan selalu terdepan dalam mengabarkan kondisi bencana yang terjadi di Indonesia. 

Bahkan di tengah perjuangannya melawan penyakit yang dideritanya, dilansir viva, ia masih sempat memimpin sebuah konferensi pers terkait sejumlah bencana. 

Belakangan Sutopo juga diketahui mengidap kanker karsinoma akibat sel adenokarcinoma yang bersarang di tubuhnya. Beberapa orang mungkin tidak begitu familiar dengan penyakit yang satu ini.  Sel adenokarsinoma penyebab kanker karsinoma ini umumnya ditemukan di lapisan kelenjar, namun dapat pula terjadi di banyak tempat, seperti usus besar, payudara, kerongkongan, paru-paru, pankreas, atau prostat. Dalam kasus Sutopo, sel adenokarsinoma diduga bersarang di paru-parunya. 

Dilansir dari Web MD, adenokarsinoma sendiri menjadi penyebab  sekitar 40 persen kanker paru-paru. Ini paling sering ditemukan di bagian luar paru-paru dan tumbuh lebih lambat daripada jenis kanker paru-paru lainnya. Orang yang berisiko terkena adenokarcinoma biasanya seorang perokok atau yang sering terpapar rokok.

Mereka yang mengalami penyakit ini umumnya muncul gejala seperti nyeri, diare, perdarahan, atau kelelahan, tergantung pada jenis kanker. Tapi sejak awal, kebanyakan dari mereka mungkin tidak merasa ada yang salah.

Untuk mengetahui adanya penyakit ini juga bisa dilakukan dengan tes darah, tes citra organ dan juga biopsi. Sementara untuk perawatan pada penyakit ini bisa dilakukan dengan operasi, kemoterapi hingga radiasi. ***
(ina)