DESKRIPSI GAMBAR  
 
Desa Gilih Suka Negri, Pelaksanaan Pembangunan dengan Mekanisme Padat Karya Tunai

Desa Gilih Suka Negri, Pelaksanaan Pembangunan dengan Mekanisme Padat Karya Tunai


Lampung Utara,(MI)- Hasil pantauan di lapangan,dan berdasarkan kunjungan Awak media-investigasi.com Portal Berita Indonesia, di lokasi kegiatan. 

Tahap I, Dana-desa (20%) di Desa Gilih Suka Negri, Kecamatan Abung Selatan yang mana telah terlaksanakan sampai dengan 100% dari 4 item pembangunan, yang sudah dibangun kan, yaitu:

1). Pembangunan lapangan Bulutangkis/Badminton, 2 Unit yang letak nya berada di dua  dusun, Sudah selesai  pada bulan lalu.

2). MKCK terbagi tiga dusun (3) 

3). TPT+Drinase ukuran - 41,Meter

4. Sumur Bor empat (4) -Unit, Keseluruhan pembangunan tersebut sudah maksimal, untuk pengerjaan nya,bisa dikatakan 100%  telah selesai.

 "Ungkap kades Gilih Suka Negri M.E.Lucky Yasin, saat di konfirmasi media ini.

Senada dengan apa yang di sampaikan, Kades, Zulkiplik, selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan menyampaikan, Selasa (6/08).

Dana Desa DD di Tahap II(40%)
Rencananya akan dilaksana kan untuk Pembangunan:

1). Rigit beton 60 mter,

2). Lampu jalan 190 unit

3). Sumur bor 4 unit, dan

4). Pembuatan badan jalan - 900 mter.

"Karena kita melihat dari jumlah anggaran yang ada, selain itu pasti nya mengikuti Proses pencairan nya saja, di Tahun 2019 ini," terang Zulkiplik.

Pembangunan Rigit beton, 60 meter dan pembuatan badan jalan 900 meter, sedang dalam Tahap Pengerjaan. Disinggung tentang manfaat pembangunan badan jalanan 900 meter, Kades mengatakan, "usulan ini adalah murni usulan yang disampaikan saat Musyawarah Dusun dan kami Bahas dalam musyawarah Desa. Tujuan pembangunan jalan dan Righit beton  tersebut tentu saja untuk memperlancar Akses jalan, jual beli hasil panen para Petani atau usaha berbasis ekonomi di desa setempat, soalnya bila tidak diperbaiki jalannya. Dusun tersebut, pihak warga setempat tersendat karena jalananan di wilayah tersebut, 75% Rusak, walau prosesnya sedikit lama baik dari pencairan dana/pengerjaan, namun terus di kejar agar dapat segera di selesaikan sehingga nantinya dapat  mempelancar usaha para petani di desa setempat, desa Gilih Suka Negri, mayoritas  pendapatan kesehariannya hampir rata-rata dari tani,"paparnya.

"Banyak dampak manfaat nya selain Akses jalan penunjang juga mempercantik lingkungan dusun Sukaharjo, desa Gilih Suka Negri, sehingga terciptanya lingkungan yang asri, nyaman,dan aman dengan harapan dapat memotivasi masyarakat dalan menjaga aset pembangunan dan juga lingkungan sekitar, jadi jangan di siasiakan manfaat penggunaan dana desa DD,Karna begitu besar dampak positip nya, dapat meningkatkan percepatan pembangunanselain itu pember dayaan warga nya juga, kususnya, masyarakat di desa," terang  M.E.lucky Yasin.

M.E.lucky Yasin, selaku kepala desa Suka Negri kepada awak Media online pawartanusantara dan Media-investigasi.com yang telah meliput di kantor desa setempat, Selasa (30/07/2019) dalam pengelolaan Dana Desa, 

Kita sellu melalui tahapan tahapan sesuai Undang undang serta petunjuk Dinas terkait Tahapan- Musdus,Musdes, musrenbangdes selalu terlaksana guna menyerap aspirasi dari masyarakat dan mengedepankan asas musyawarah untuk mufakat, baik dari awal perencanaan hingga pelaksanaanya masyarakat selalu kita libatkan dan selain  perangkat desa, seluruh warga Masyarakat Gilih Suka Negri unsur pemuda dan tokoh masyarakat, turut aktif, dengan harapan agar semua dapat terlaksana secara maksimal dan transparan,"vjelas Kades.

Lebih dalan,dan dengan keterbatasan Dana, usulan usulan masyarakat dipilih yang paling prioritas, dan bertahap.

Kemudiaan kades gilih suka negri kecamatan Abung Selatan yang sangat ramah dan humoris namun tegas dalam melaksanakan tugasnya ini  lalu iya pun mengatakan  Dana Desa ini adalah milik masyarakat Desa, Saya selaku Kepala Desa bersama-sama Aparatur Pemerintah Desa ini hanya mengemban amanah untuk melaksanakannya.

Jadi kami selalu mengedepankan usulan masyarakat Desa kami  serta menghimbau kepada masyarakat agar ikut mengawasi dan melaksanakan pembangunan tersebut.


Zulkiplik selaku Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)  menyampaikan bahwa sesuai dengan Undang undang dan Peraturan Pemerintah, pelaksanaan pembangunan ini memakai mekanisme Padat Karya Tunai, (PKT), artinya Seluruh pekerjaan ini dilaksanakan oleh Masyarakat Desa Gilih suka Negri , sehingga selain melaksanakan masyarakat juga bisa ikut mengawasi. Serta dengan adanya PKT ini, dapat mengurangi pengangguran di Desa. Ujarnya. 

Sementara itu, Cecep Imam Subgyo
selaku Sekretaris Desa  Gilih Suka Negri,"Saya berterimakasih kepada Masyarakat, pemerintah kecamatan, pendamping desa dan rekan, Awak Media baik cetak maupun media elektronik, yang sudah ikut berpartisifasi serta mengawasi Dana Desa ini, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar serta transparan,"Pubgkas nya menambah kan.

Selanjutnya, sebagai penutup, M.E.Luky Yasin selaku kepla Desa, "Selain mengucapkan terimakasih kepada Media Cetak maupun Media Online, dia juga menyampaikan harapannya, Bahwa agar dibawah kepeminpinnya, Desa Gilih Suka Negri  dapat selangkah lebih maju dan berkembang, serta lebih baik dari desa lain. Selanjutnya.

Serta berharap kedepanya hasil yang telah di capai dapat kita tingkatkan lagi agar lebih baik maju dan berdaya dan saing,Harapnya. (Yudi)