Dukung Parawisata Di Nias: Polda Sumut, Rencana Bangun Pos Polisi -->

Breaking news

Live
Loading...

Dukung Parawisata Di Nias: Polda Sumut, Rencana Bangun Pos Polisi

Monday 16 September 2019


Sumut, (MI) - Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto,SH,MH berencana membangun pos polisi perairan dan udara di pulau terluar Nias sebagai salah satu dukungan untuk pengembangan pariwisata di daerah kepulauan tersebut.

“Kita akan mendirikan pos Polairud dan mendorong adanya puskesmas atau klinik kesehatan di pulau ini,” jelas Agus Andrianto saat mengecek kondisi masyarakat dan keamanan Pulau Asu, Kabupaten Nias Barat, Minggu (15/9/2019).

Agus bersama dengan para pejabat Polda mengecek kondisi masyarakat, pariwisata, keamanan, serta potensi penyalahgunaan narkoba.

Pulau Asu sendiri terletak di kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatra Utara. Pulau ini termasuk dalam bagian Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar di indonesia.

Luas salah satu pulau dengan pemandangan terindah di Nias ini sekitar 18 kilometer persegi dan hanya dihuni puluhan kepala keluarga.

Setelah berdialog dengan warga setempat dan pengelola resort, Kapolda Sumut menerima aspirasi bahwa pengembangan pariwisata pulau itu masih membutuhkan berbagai aspek. Terutama sarana yang berkaitan dengan infrastruktur, seperti jalan, pelabuhan, hingga akses internet.

Agus pun berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat dan daerah. Ia akan berupaya mendirikan pos Polairud di pulau tersebut dan jika memungkinkan juga dilakukan pembangunan puskesmas atau klinik kesehatan.

Jenderal bintang dua tersebut optimistis keberadaan pos Polairud akan mampu mendukung pengembangan pariwisata di pulau tersebut. Itu karena faktor keamanan merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pariwisata.

“Semakin banyak wisatawan yang datang maka secara otomatis akan meningkatkan PAD dan ekonomi warga sekitar,” tutup Kapolda Sumut.