13 PSK terjaring razia di Pasuruan, diduga ada yang terjangkit HIV -->

Breaking news

Live
Loading...

13 PSK terjaring razia di Pasuruan, diduga ada yang terjangkit HIV

Saturday 7 December 2019

Dari hasil pemeriksaan oleh petugas kesehatan, ada temuan PSK yang terjangkit HIV/AIDS, (7/12/2019).

Pasuruan, (MI) - 13 PSK yang diciduk Satpol PP dari kawasan Gang Sono, lingkungan Pesanggrahan, Kelurahan/Kecamatan Prigen, Kamis (5/12) sore, satu di antaranya diketahui terinfeksi HIV. Hal itu diketahui usai petugas melakukan tes kesehatan pada 13 PSK yang terjaring razia itu, kemarin.

Pemeriksaan kesehatan tersebut melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. “Satu per satu PSK yang kami amankan, diambil sampel darahnya untuk dilakukan pengetesan,” ujar Plt Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya.

“Dari hasil pemeriksaan oleh petugas kesehatan, ada temuan PSK yang terjangkit HIV/AIDS,” imbuhnya.

Hal ini jelas menambah deretan PSK yang terjangkit HIV/AIDS. Karena dalam beberapa kali operasi yang dilakukan, petugas mendapati hal serupa.

Menurut Anang, para PSK yang terjaring itu, akan diserahkan ke Dinsos Kabupaten Pasuruan. Mereka kemudian akan diberikan pembinaan, sehingga diharapkan mereka tidak mengulangi perbuatannya.

“Kami akan menyerahkan ke Dinsos agar diberi pembinaan. Khusus yang mengidap HIV/AIDS, tentunya akan ada pendampingan khusus dari petugas kesehatan,” jelasnya.

Diketahui, sebanyak 13 PSK itu terjaring razia Kamis sore. Mereka saat itu tengah berada di enam wisma berbeda di kawasan Pesanggrahan.

Saat didata, mereka rata-rata dari luar daerah. Kebanyakan dari wilayah Jawa Tengah. Seperti Banyumas, Wonosobo, dan Karanganyar. Ada juga dari sejumlah daerah di Jatim yakni Sidoarjo, Nganjuk, dan Pasuruan. Juga ada satu PSK dari Manado.