BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Kades Ramban Wetan tertangkap tangan selendupkan BBM Premium

Kades Ramban Wetan tertangkap tangan selendupkan BBM Premium


Situbondo, (MI)- Kades Ramban Wetan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur bernama Sudarto tertangkap tangan akan menyelundupkan BBM jenis premium di Kampung Sokparse RT/RW : 003/008 Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada Sabtu malam sekitar pukul 20.30 WIB. Senin (30/12/2019).

Penangkapan Kades Sudarto dilakukan setelah beberapa pemuda desa Wringin Anom mencurigai adanya kendaraan roda empat Toyota Rush warna putih Nopol P 1360 AB keluar masuk salah satu rumah warga sejak pukul 18.00 hingga pukul 20.00 WIB.

” Berawal dari kecurigaan ada kendaraan yang keluar masuk rumah Pak Asrijo, lalu kita ikuti keluarnya kendaraan tersebut ke mana. Ternyata ke arah timur dan masuk SPBU Sukorejo, Kecamatan Banyuputih. Setelah selesai mengisi premium, kendaraan itu balik lagi ke rumah tadi, disana tenyata sudah ada banyak jerigen, kemudian kita amankan, “tutur Frengki pada BrataPos.

Menurut Frengki, kendaraan yang dipakai Kades Sudarto itu dicurigai sudah sejak lama dipakai untuk menimbun BBM. Karena sepak terjang Sudarto di Kecamatan Asembagus dan Banyuputih sudah lama terendus.

” Kita sering lihat mobil yang dipakai itu sejak plat nopolnya masih berwarna putih berseliweran di SPBU Asembagus maupun SPBU Sukorejo. Kan bisa dilihat kondisi mobilnya masih kinyis-kinyis, “terangnya.

Sementara itu Kades Sudarto saat dikonfirmasi mengatakan dirinya sudah lima kali melakukan praktek menyalin BBM dari mobil ke jerigen yang dibelinya dari SPBU Sukorejo. Sedangkan di SPBU Asembagus Sudarto mengaku empat kali melakukan hal yang sama.

” Kalau dari SPBU Sukorejo baru lima kali, sedangkan dari SPBU Asembagus empat kali, “kata Kades tersebut.

Modus yang dilakukan menurut pengakuan Sudarto, terlebih dahulu Ia mengisi premium ke tangki mobilnya di SPBU Sukorejo. Kemudian dari SPBU Sukorejo kendaraan yang tangkinya full dibawa ke rumah Asrijo di Desa Wringin Anom, Asembagus untuk menyalin premium ke dalam jerigen.

” Seperti itu yang saya lakukan, membeli premium di SPBU, lalu menyalin premium ke jerigen. Setelah empat kali bolak-balik saya tertangkap warga, “ucapnya.

Kapolsek Asembagus, IPTU Achmad Sulaiman mengatakan berdasarkan laporan warga diketahui ada upaya penyelundupan BBM oleh seorang Kepala Desa berasal dari Kabupaten Bondowoso. Dari tangan Kades Sudarto, Polisi berhasil mengamankan barang bukti satu unit mobil Toyota Rush P 1360 AB, 10 Jerigen kapasitas 35 liter, enam diantaranya sudah terisi premium.

” Pelaku beserta barang bukti kami amankan. Saat itu pelaku dan barang bukti berupa satu unit mobil dan 10 Jerigen kita amankan di Mapolsek Asembagus. Kita dalami kasusnya sambil koordinasi dengan Polres Situbondo, “terang Kapolsek.
 

TERHANGAT